Terapi DBT Pulihkan Kesehatan Mental Lady Gaga dari Gangguan Psikotik

Novi Nadya22 Mei 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2021, 12:00 WIB
Lady Gaga. (Foto: Instagram terverifikasi @ladygaga)

Fimela.com, Jakarta Lady Gaga blak-blakan tentang perjuangannya dengan kesehatan mental dan fisik dalam wawancara terbarunya kepada Oprah Winfrey. Gaga mengungkapkan jika ia mengidentifikasi dirinya dengan karakter A Star is Born, Ally karena trauma yang dialami dalam hidupnya. 

"Saya diperkosa saat  usia 19 tahun, berulang kali. Saya menderita PTSD, menderita sakit kronis, respons trauma nyeri neuropatik, dan saya sedang dalam pengobatan dengan beberapa dokter," jelasnya.

Hingga pada satu titik, Gaga mengaku tak akan pernah benar-benar pulih dari traumanya hingga akhirnya mengalami gangguan psikotik. Yang pada dasarnya adalah seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan, menurut penjelasan National Alliance on Mental Illness.

Hal itu menjadi momen terburuk dalam hidupnya, mulai mati rasa pada tubuhnya dan berteriak-teriak. Ia pun diberikan olanzapine yang masih dikonsumsinya untuk menstabilkan mood.

 

Jalani Pengobatan Terapi DBT

Lady Gaga dan anjingnya, Koji. (Instagram/ ladygaga)
Lady Gaga dan anjingnya, Koji. (Instagram/ ladygaga)

Selain pengobatan kimiawi, ia juga mengandalkan dialectal behavioral therapy (DBT). DBT awalnya dikembangkan untuk membantu mereka yang didiagnosisi dengan gangguan kepribadian ambang atau individu yang secara kronis ingin bunuh diri.

DBT adalah jenis psikoterapi yang sekarang digunakan untuk mengobati segala hal mulai dari gangguan makan dan penyalahgunaan zat hingga PTSD dan depresi. 

"DBT adalah cara luar biasa untuk menangani masalah mental. Cara yang kuat untuk belajar bagaimana hidup dan panduan untuk memahami emosimu," ujar Gaga.

Melansir dari Health, Adam Carmel, PhD, asisten profesor klinis psikologi di University of Washington mengatakan psikoterapi atau terapi bicara mengajarkan orang-orang cara baru mengatu emosi dan menoleransi tekanan. Jadi tak hanya peresepan obat, namun menyertakan DBT adalah standar perawatan kesehatan mental.

 

Pengobatan Kimiawi dan Terapi

"Obat bekerja, tapi kita membutuhkan obat dengan terapi agar benar-benar berhasil. Karena ada bagian yang harus kamu lakukan sendiri," ujar Adam.

Ya, meski pengobatan sering diperlukan dalam menangani aspek kimiawi dari masalah kesehatan mental, terapi bicara diperlukan untuk mengetahui akar penyebab emosional. Dan tentunya keterbukaan Lady Gaga tentang kesehatan mental mengirim pesan bagi banyak orang bahwa hal itu penting. 

Bahwa memiliki masalah kesehatan mental itu tidak apa-apa, bahkan normal. Dan tak perlu malu dan sungkan meminta bantuan jika kamu membutuhkannya.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021