Ini 4 Alasan Penting Memiliki Hobi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hilda Irach28 Mei 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 28 Mei 2021, 20:30 WIB
4 Alasan Pentingnya Memiliki Hobi untuk Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Pandemi telah berdampak pada kesehatan mental banyak orang. Mengingat ketakutan akan virus dan pembatasan sosial oleh pemerintah, banyak orang yang mungkin merasa lebih kesepian, cemas, dan depresi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengeluarkan pedoman tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mental mereka selama masa sulit ini. Nasihat utama termasuk mencoba untuk menjaga pola makan, tidur, kebersihan dan olahraga yang teratur.

Selain itu, meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai juga bisa kamu pertimbangkan. Pasalnya menurut penelitian, menunjukkan bahwa memiliki hobi dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah.

Ada banyak manfaat hobi untuk kesehatan mental. Berikut ini selengkapnya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi stres

Hobi bukan sekedar aktivitas yang menyenangkan. Tetapi juga baik untuk kesehatan mental kita. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Society of Behavioral Medicine menemukann bahwa seseorang yang melakukan hobinya, memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah.

Seseorang yang memiliki hobi stres 34 persen lebih sedikit, dan kesedihan 18 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

2. Meningkatkan kreativitas

Banyak hobi bersifat kreatif. Mulai dari melukis, memasak, atau merajut. Namun, kamu bukan sekedar menghasilkan sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya. Tetapi juga melibatkan jaringan kreatif otakmu.

"Tindakan eksperimen ini memperluas jaringan saraf di otak kita, membuat hubungan antara sirkuit di otak yang mungkin tidak terhubung. Selain itu melaukukan hobi juga meningkatkan hormon dopamin yang berperan sebagai perasaan bahagia,” kata Dr. Daniel Levitin, ahli saraf dan musisi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pengejaran imajinatif sebenarnya restoratif untuk kesehatan mental.

3. Meningkatkan citra diri

4 Alasan Pentingnya Memiliki Hobi untuk Kesehatan Mental
Simak manfaat dari memiliki hobi untuk kesehatan mental. (Foto: Unsplash.com/Bruce Mars).

Untuk meningkatkan citra diri, biasanya kamu cenderung menggunakan media sosial. Namun untuk hasil yang lebih baik, cobalah menyelami hobi favoritmu.

Menghabiskan waktu untuk kesenanganmu sendiri adalah hadiah perawatan diri terbaik yang kamu berikan untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri.

4. Menghubungkan diri kita dengan orang lain

Sejumlah hobi yang dilakukan dalam kelompok, seperti bermain musik memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mental kita. Hobi  ini menjadi cara yang baik untuk bertemu orang baru meskipun itu virtual.

Pengalaman bersama meningkatkan kenikmatan aktivitas kita dan membantu kita merasa tidak terlalu terisolasi. “Orang yang bermain musik bersama mengalami peningkatan kadar oksitosin, hormon yang mendorong hubungan sosial dan ikatan." tutur Levitin.

Jadi, jika kamu mencari hobi terbaik untuk kesejahteraan mental Anda, cobalah sesuatu yang interaktif.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓