Sukses

Lifestyle

Tips untuk Mencegah Terjadinya Pelecehan di Aplikasi Kencan Online

Fimela.com, Jakarta Di era serba digital seperti saat ini semua hal dapat dilakukan secara online. Tidak terkecuali kencan online. Aplikasi seperti Tinder mungkin menjadi aplikasi yang muncul di benakmu ketika mendengar kencan online.

Meski memudahkan mereka yang masih single untuk mencari pasangan, tidak bisa dipungkiri jika kencan online juga membawa dampak negatif, seperti tindak pelecehan. Tinder pun telah menambahkan fitur baru untuk mencegah pelecahan dan penyalahgunaan yang pernah terjadi di aplikasi tersebut sebelumnya.

Menggunakan kecerdasan buatan atau AI, aplikasi kencan online ini mengidentifikasi dan menandai pesan yang berbahaya atau menyinggung saat sedang dibuat. Dengan menanyakan "Are You Sure?" kepada pengguna sebelum menekan tombol kirim.

Fitur ini mirip dengan fitur keamanan lain di aplikasi, yakni "Does This Bother You?" atau "Apakah ini mengganggumu?". Selama percakapan, jika pengguna menerima pesan yang dianggap AI Tinder tidak pantas atau berpotensi menyalahgunakan, penerima akan ditanyai dalam pesan pop-up "Does This Bother You?". Jika jawabannya ya, mereka dapat melaporkan pengirimnya.

 

Fitur Are You Sure?

Fitur "Are You Sure?" tidak secara proaktif mengintervensi, melainkan lebih ke arah mengingatkan pengirim pesan sebelum mengirimkan pesannya.

“Hasil awal dari fitur ini menunjukkan kepada kami bahwa intervensi yang dilakukan dengan cara yang benar dapat sangat berarti dalam mengubah perilaku dan membangun komunitas di mana setiap orang merasa bahwa mereka dapat menjadi diri mereka sendiri," kata Tracey Breeden, Kepala Keamanan dan Advokasi Sosial untuk Match Group, yang memiliki Tinder.

 

Peningkatan aktivitas kencan online

Menurut Tinder, aplikasi kencan online mereka mengalami peningkatan aktivitas sejak pandemi COVID-19 selama 32 persen. Dengan kehadiran fitur "Are You Sure?" dianggap sangat penting karena ditujukan pada perilaku dan calon pelaku pelecahan.

Fitur seperti ini perlu digabungkan dengan langkah pendekatan tanpa toleransi terhadap pelanggan yang menyinggung dan kasar. Panduan keselamatan yang ditetapkan pun dibuat cukup jelas dan dapat diakses kapanpun. Violet Alvaerz selaku Pejabat Kebijakan Senior di Suzy Lamplugh Trust menyebut platform kencan online seperti ini juga harus mengembangkan kemitraan lebih lanjut dengan layanan khuss independen yang menangani penyalahgunaan tertentu.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading