Studi: Menulis Jurnal Ampuh Kelola Stres, Begini Caranya

Hilda Irach30 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2021, 17:00 WIB
Studi Ungkap Manfaat Menulis Jurnal untuk Mengelola Stres

Fimela.com, Jakarta Apa yang kamu lakukan saat merasa stres atau cemas? Sebagian besar orang mungkin memilih 'curhat  kepada orang terdekat. Sebab, melampiaskan perasaan cemas dan stres bisa menyebabkan pelepasan emosi katarsis atau perasaan negatif seseorang.

Namun selain curhat, menggunakan jurnal untuk mencatat stres dan kekhawatiranmu bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu bersandar pada emosi yang tidak nyaman. 

Menurut konselor dan psikoterapis yang berbasis di Dublin, Fiona Hall mengatakan bahwa menulis jurnal membantu kita mengelola stres. “Menulis jurnal secara teratur membantu kita mengidentifikasi dan memproses emosi negatif, serta pada akhirnya mengurangi kecemasan,” kata Fiona Hall, dikutip dari Healthline.

Selain itu, melansir dari Psychology Today, dalam sebuah studi tahun 2005 oleh peneliti Australia, menemukan bahwa menulis jurnal secara ekspresif menyebabkan penurunan tekanan darah, meningkatkan fungsi sistem kekebalan, memperbaiki suasana hati, mengurangi gejala depresi, meningkatkan daya ingat, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara menulis jurnal yang tepat?

Studi Ungkap Manfaat Menulis Jurnal untuk Mengelola Stres
Simak manfaat menulis jurnal dan caranya untuk mengelola stres. (Foto: Unsplash.com/Kyle Gregory).

Untuk membantu meredakan stres dan kecemasan, berikut ini ada beberapa metode menulis jurnal yang tepat, seperti yang dibagikan oleh Fiona Hall;

Pilih metode

  • Ambil pulpen dan kertas dan tulis semua yang kamu khawatirkan, besar dan kecil.
  • Setel timer 3 menit dan buat daftar. Idenya adalah kamu akan kehabisan kekhawatiran untuk menulis sebelum waktunya habis.
  • Isi satu halaman untuk setiap kekhawatiran dan temukan akar masalahnya. 

Bertanya pada diri sendiri:

  • Apa yang sebenarnya kamu khawatirkan?
  • Apa yang kamu takutkan akan terjadi?
  • Dari mana asal kekhawatiran itu?

Spidergram khawatir

Ketika kamu mengalami kecemasan yang parah, Fiona Hall merekomendasikan membuat spidergram khawatir atau diagram laba-laba dengan langkah-langkah berikut:

  1. Gambarlah sebuah gelembung di tengah kertasmu dan tulis "Kekhawatiran aku" di dalamnya.
  2. Gambar gelembung di sekitarnya dan isi dengan kekhawatiran-kekhawatiranmu.
  3. Dapatkan halaman baru dan tempatkan salah satu kekhawatiran di sekitarnya ke dalam balon tengah.
  4. Tambahkan gelembung di sekitarnya dengan tajuk berikut: Peristiwa, Perasaan Awal, Pikiran Awal, Pikiran setelah Refleksi, Membingkai ulang, dan Belajar.
  5. Teruskan memecah kekhawatiran menjadi gelembung yang semakin kecil. “Cara ini bisa membantu kita memproses dan menurunkan tingkat stres yang dialami.” kata Hall.

 

Seberapa sering kita harus melakukannya?

Studi Ungkap Manfaat Menulis Jurnal untuk Mengelola Stres
Simak manfaat menulis jurnal dan caranya untuk mengelola stres. (Foto: Unsplash.com/Green Chameleon).

Lakukan setiap kamu merasa cemas dan stres. Fiona Hall menyarankan untuk menyimpan buku catatan di samping tempat tidur dan menuliskan pikiran yang mengkhawatirkan segera setelah kita bangun.

Kamu juga bisa menulis jurnal setiap hari sampai kamu bangun tanpa stres. Jika menyangkut masalah besar, andalkan spidergram.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021