5 Alasan Sebaiknya Tidak Buru-Buru Pacaran Lagi Setelah Putus Cinta

Febi Anindya Kirana31 Mei 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 16:45 WIB
putus cinta

Fimela.com, Jakarta Putus cinta mungkin hal yang lumrah dalam hubungan cinta. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang salah lebih dahulu sebelum menemukan yang tepat. Namun ada kalanya orang memilih langsung memulai hubungan baru setelah putus.

Keinginan ini bisa jadi adalah keputusan yang buruk. Ini sekian alasan mengapa sebaiknya kamu tidak buru-buru pacaran lagi setelah putus.

1. Sembuhkan hatimu lebih dulu

Seringkali langsung pacaran lagi setelah putus merupakan keputusan yang buruk karena sebenarnya yang kamu butuhkan bukanlah pasangan baru, namun waktu untuk menyembuhkan hati lebih dulu. Sebelum hatimu sembuh dari luka cinta, sebisa mungkin jangan memulai hubungan cinta baru.

2. Menghindari mencari pelarian

Terluka oleh cinta seringkali mendorong seseorang untuk mencari pelampiasan perasaan. Bisa jadi keinginanmu untuk memulai hubungan baru didasari atas alasan ingin 'balas dendam', membuktikan bahwa kamu tak layak untuk ditinggalkan. Sayangnya, cara ini hanya akan menyakiti perasaan orang yang kamu jadikan pelampiasan. Hubungan seperti ini juga rentan tidak bertahan lama.

3. Perlunya mengevaluasi kesalahan

putus cinta
Ilustrasi./Copyright shutterstock

Tata hati lebih dulu, kemudian evaluasi apa kesalahan sebenarnya yang menjadi alasan gagalnya hubungan cinta yang lalu. Setiap orang memiliki kesalahan dan perlu belajar untuk tidak mengulanginya lagi. Jangan fokus pada rasa benci atau sakit yang ditimbulkan, namun fokuslah pada pelajaran penting apa yang bisa kamu dapat dati putus cinta ini.

4. Menetapkan standar baru

Setelah menemukan apa yang salah, kini kamu bisa menetapkan standar untuk memulai cinta baru. Misalnya dulu kamu selalu berkompromi pada kata-kata buruk dan kasar pasangan, kini kamu menegaskan bahwa kamu hanya boleh jatuh cinta pada pria yang bisa menghargaimu. Jangan biarkan cinta membutakan penilaian objektifmu terhadap sesuatu.

5. Fokuslah pada pikiran positif

Putus cinta dan tak memiliki pasangan seringkali membuat galau beberapa orang. Tidak sedikit perempuan yang menyalahkan diri sendiri atas kegagalan cinta yang ia alami. Masalahnya, kejadian itu telah terjadi, jadi jangan berlarut-larut menyesalinya. Fokuslah belajar menjadi lajang yang bahagia dan merdeka.

Kamu punya banyak hal baik untuk dilakukan meski sedang tidak punya pasangan. Jadi sebaiknya pikirkan dengan baik lebih dulu sebelum buru-buru pacaran lagi setelah putus ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela