Sukses

Lifestyle

Kesehatan Mental Bisa Terganggu akibat Kualitas Tidur yang Buruk, Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Salah satu aspek kehidupan kita yang memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental adalah kemampuan untuk tidur nyenyak. Pakar manajemen tidur Karl Rollins menjelaskan tentang bagaimana tidur bisa memengaruhi suasana hati.

Ketika ditanyakan apakah ada siklus tertentu yang harus diikuti setiap orang, ia menjawab bahwa setiap orang memiliki siklus tidurnya masing-masing dan tidak disarankan untuk menyimpang dari siklus tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan mental.

"Kita manusia mengikuti ritme Circadian atau siklus tidur/bangun 24 jam. Dalam periode 24 jam itu kita bangun, aktif, tidur, lalu bangun lagi. Namun waktu itu berbeda dari orang ke orang karena kita diatur oleh genetika kita," ungkap Karl Rollins.

Disebut sebagai Chronotype, ada dua jenis ritme tidur, yakkni Morning Larks dan Night Owls. Pada Morning Larks secara alami akan pergi tidur dan bangun lebih awal. Sementara Nigh Owl sebaliknya. Kebanyakan orang termasuk dalam salah satu dari dua kategori ini.

 

Jenis siklus tidur

"Jangan memaksakan diri untuk begadang sepanjang malam jika kamu adalah seorang Morning Larks, dan jangan tidur pada jam sembilan malam jika kamu adalah Night Owl," tambah Rollins.

Menerima kecenderungan genetik terhadap siklus tidur dan patuhi, kamu akan melihat penurunan stres dan peningkatan vitalitas.

"Kebiasaan lain yang harus diperoleh adalah menjauhkan diri dari teknologi satu jam sebelum tidur dan membuat lingkungan tidur seterang mungkin," tutur Rollins.

 

Efek dari kualitas tidur yang baik

Ini memberi otak sinyal yang sangat jelas untuk mulai memproduksi hormon tidur melatonin. Di pagi hari, dapatkan cahaya sebanyak mungkin ke mata, ini menghentikan produksi melatonin.

"Hal yang perlu diingat tentang tidur adalah rangkaian 90 menit yang sangat kompleks, yang dipecah menjadi beberapa tahap. Setiap tahapan melakukan tugas yang berbeda dan salah satunya adalah memperbaiki sel yang rusak dan membuang racun," jelas Rollins.

Ini hanya dapat terjadi jika kita membiarkan siklus selesai dan terhidrasi cukup untuk pembilasan yang efektif. Ketika kita tidur nyenyak, kita akan meraasa baik. Tingkat stres rendah, produktivitas tinggi, dan merasa dapat mengatasi hidup dengan jauh lebih mudah.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading