Sukses

Lifestyle

Katakan 7 Hal Ini pada Diri Sendiri saat Merasa Terpuruk

Fimela.com, Jakarta Saat merasa terpuruk, seseorang mungkin cenderung merasa sendiri, kehilangan semangat bahkan merasa bahwa dunianya akan berakhir begitu saja. Padahal semua orang memiliki keunikannya masing-masing yang membuat mereka menjalani hidup berbeda dengan jalan yang berbeda pula. Sehingga tidak semua kegagalan atau kesulitan dalam hidup sebenarnya adalah masalah, justru itu akan menjadikanmu semakin kuat atau menjadi seseorang yang mampu melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Saat merasa terpuruk, selalu ingat hal berikut ini yang akan membuat perasaanmu lebih baik.

1. Ini akan berlalu

Kedengarannya klise, tidak peduli seberapa buruk perasaanmu saat ini dan betapa putus asanya situasi yangh dihadapi, itu hanya momen singkat dalam hidupmu. Meskipun tampaknya dunia akan berakhir, percayalah pada kenyataan bahwa matahari akan terbit lagi besok dan menyinarimu dan kesulitan pun akan sirna dengan cahaya baru yang penuh harapan.

2. Tidak ada yang bisa melakukan lebih baik darimu

Karena tidak ada satu orang pun di luar sana yang sepertimu. Dirimu diberkati dengan atribut unik, sehingga membandingkan dirimu dengan orang lain tidak hanya sia-sia dan mengecilkan hati tetapi itu adalah hal yang tidak mungkn. Tidak ada yang menjalani kehidupan yang kamu jalani, jadi tidak ada yang lebih siap untuk mengatasi tantangan selain dirimu. Jadi, cobalah untuk meyakinkan diri bahwa tidak ada orang sebeharga dirimu.

3. Tantangan ini akan membuatmu lebih kuat

Meskipun dirimu mungkin merasa patah semangat atau merasa gagal, dirimu akan pulih dari cobaan ini sebagai orang yang lebih tangguh. Ketika kita terluka, jaringan parut yang berkembang untuk memperbaiki kulit kita yang rusak lebih kuat dari yang pernah dibayangkan. Hal yang sama berlak untuk hati dan jiwamu, percayalah pada kekuatan dari dalam dirimu yang akan menyembuhkan juga.

4. Rayakan kegagalan, itu adalah pelajaran berharga

Seperti yang dikatakan Oprah Winfrey, “Berpikirlah seperti seorang ratu. Seorang ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah langkah lain menuju kebesaran.” Ketika hal-hal buruk terjadi, baik dari perbuatan kita sendiri atau sebaliknya, akan sulit untuk melihat secara obektif. Namun, di setiap kegagalan atau momen negatif, ada pelajaran yang bisa dipetik. Bersabarlah, dan percayalah pada kenyataan bahwa berkat pengalaman ini, dirimu akan lebih siap untuk menghadapi apa pun yang dilemparkan kehidupan selanjutnya.

5. Kamu tidak sendiri

Meskipun rasa tidak aman cenderung membatasi kita ke tempat yang sangat sepi, ketahuilah bahwa ada orang-orang di sekitarmu yang menunjukkan betapa menakjubkannya dan betapa berartinya dirimu. Bahkan jika dirimu tidak dapat melihat nilai sendiri saat ini, mereka pasti bisa. Dan meskipun dirimu mungkin merasa membebani mereka dengan mengungkapkan keluhan, yakinlah mereka tidak akan berpikir seperti itu. Ingatlah bahwa bahkan ketika dirimu merasa tidak cukup baik, teman dan kerabatmu menganggap dirimu adalah orang yang hebat.

6. Setiap orang berjuang keras

Sementara masalahmu sangat pribadi dan unik untuk situasimu, nikmatilah kenyataan bahwa ada orang lain yang juga merasa kurang hebat. Tidak peduli seberapa putus asa yang kamu rasakan, ada seseorang di luar sana yang akan dapat berhubungan dan membawa pelipur lara. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan mereka.

7. Ada begitu banyak hal yang harus disyukuri

Ketika saya sedang down, buatlah daftar tiga hal yang paling disyukuri dalam hidup, tepat pada sat itu. Ini adalah latihan yang bagus untuk mendapatkan sedikit perspektif berbeda, meskipun mungkin terasa seperti dunia runtuh, mampu membuat daftar terima kasih akan membantu mengingatkan bahwa selalu ada hal baik di balik kesulitan.

Ingatlah bahwa di balik kesulitan akan selalu ada jalan keluar, dan selalu berpikir positif maka dirimu akan selalu punya cara untuk menjadikan masalah menjadi sesuatu yang indah.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading