Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Bagus untuk Meningkatkan Memori dan Kesehatan Otak

Fimela.com, Jakarta Tidak perlu obat yang mahal jika ingin meningkatkan memori dan kesehatan otak, cukup dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan tertentu ternyata juga bisa sangat baik bagi kesehatan otak. Akan tetapi karena tak banyak yang mengetahui sehingga kita cenderung mengabaikannya. Jadi, agar lebih paham bahan makanan apa saja yang baik untuk kesehatan otak. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Ikan berlemak

Jenis ikan ini termasuk salmon, trout, dan sarden, yang semuanya merupakan sumber asam lemak yang kaya omega-3. Sekitar 60% otak terbuat dari lemak, dan setengah dari lemak itu adalah jenis omega-3. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk pembelajaran dan memori. Omega 3-s juga memiliki beberapa manfaat tambahan untuk otak yang dapat memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu menangkal penyakit Alzheimer.

2. Kopi

Dua komponen utama dalam kopi, kafein dan antioksidan. Kafein dalam kopi memiliki sejumlah efek positif pada otak, termasuk peningkatan kewaspadaan. Kafein membuat otak tetap waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia yang Suasana hati yang lebih baik. Serta manfaat lainnya, seperti meningkatkan konsestrasi dan meningkatkan kadar serotonin.

3. Blueberry

Blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan, khususnya pada otak. Blueberry dan buah beri berwarna lainnya menghasilkan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam blueberry telah ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak.

4. Brokoli

Brokoli dikemas dengan senyawa tanaman yang kuat, termasuk antioksidan. Sayuran ini juga sangat tinggi vitamin K, vitamin K sangat penting untuk membentuk sphingolipids, sejenis lemak yang dikemas padat ke dalam sel-sel otak. Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua telah menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori yang lebih baik.

5. Coklat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao dikemas dengan beberapa senyawa peningkat otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan. Flavonoid merupakan kelompok senyawa tumbuhan yang bersifat antioksidan. Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori. Para peneliti mengatakan senyawa ini dapat meningkatkan memori dan juga membantu memperlambat penurunan mental terkait usia.

Sangat mudah sekali bukan untuk menjaga kesehatan otak yakni dengan cukup mengonsumsi beberapa bahan makanan di atas, selain itu juga ada beberapa bahan makanan lainnya seperti, kacang, jeruk, telur, teh hijau, dan temulawak.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading