Orangtua yang Punya Dua Anak Terbukti Hidup Panjang Umur

Febi Anindya Kirana13 Jun 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 11:45 WIB
orangtua dua anak

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu pernah mendengar kalimat "Banyak anak banyak rezeki" yang dipercaya banyak orang zaman dahulu. Bisa jadi hal ini benar, karena memiliki banyak anak ternyata punya pengaruh unik pada usia orangtua.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMJ, Journal of Epidemiology & Community Health menemukan bahwa memiliki anak berhubungan erat dengan umur panjang orang tua.

Penelitian yang menganalisis anak perempuan dan laki-laki yang lahir antara tahun 1911-1925 ini menarik kesimpulan bahwa berkat dukungan dari putra putri yang orangtua miliki, stres dari orangtua lanjut usia cenderung rendah, dan karena alasan itulah orangtua memiliki potensi panjang umur.

Punya dua anak bisa membuat panjang umur

karakter zodiak
ilustrasi ibu dan anak/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Studi lain yang dimuat dalam European Journal of Population juga menemukan bahwa memiliki paling tidak dua anak biologis mampu hidup lebih lama dibandingkan perempuan yang tidak memiliki anak sekali atau hanya punya satu anak.

Uniknya, manfaat panjang umur ini tidak hanya berlaku untuk ibu, namun juga untuk ayah. Dalam penelitian yang sama, hasil menunjukkan bahwa ayah dengan dua anak hidup lebih lama dibanding ayah dengan satu anak atau tanpa anak.

Bahkan memiliki anak adopsi jauh lebih baik dan mampu membuat orangtua lebih bahagia dibandingkan pernikahan tanpa anak sama sekali.

Jadi, jika berencana punya anak, mungkin punya lebih dari satu anak bisa kamu pertimbangkan dengan pasangan ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021