5 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

Kezia Prasetya Christvidya08 Jun 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 14:35 WIB
ilustrasi bawang penyebab bau mulut/pexels

Fimela.com, Jakarta Bawang putih adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, bawang putih juga bisa dikonsumsi dengan mentah, untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit, seperti menurunkan kolesterol.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti asam amino, flavonoid dan oligosakarida, yang dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, mencegah flu, menurunkan risiko kanker, melancarkan detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang.

Namun sayangnya, setelah mengupas dan memotong bawang putih, bau bawang putih tidak akan mudah hilang dan bisa menempel seharian di tangan. Bau dari bawang putih ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur aktif, seperti alliin, alil propil disulfida, dialil disulfida dan dialil trisulfida.

Untuk menghilangkan bau bawang putih yang menempel di tangan, Sahabat Fimela bisa menghilangkan bau bawang putih dengan cara yang alami. Berikut cara meghilangkan bau bawang putih di tangan, dilansir dari Brilio.net:

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan Secara Alami

Ilustrasi Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih. (dok. Unsplash.com/Anshu A @anshu18)

1. Lemon

Buah lemon adalah salah satu buah yang bisa membantu menghilangkan bau bawang putih di tangan. Cara menghilangkan bau bawang putih dengan lemon adalah rendam tangan dengan air perasan lemon, atau lumurkan irisan lemon pada permukaan tangan dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dan sabun sampai bersih.

2. Kopi

Bubuk kopi atau biji kopi dipercaya bisa membantu menetralkan bau tidak sedap, termasuk bau bawang putih di tangan. Cara menghilangkannya dengan menggosokkan bubuk kopi pada tangan, diamkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan sabun sampai bersih.

3. Garam

Garam adalah penyedap rasa yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya dengan merendam tangan dengan air garam selama beberapa saat, lalu bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun sampai bersih.

4. Baking Soda

Baking soda adalah pengembang kue yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tangan karena bawang putih. Baking soda yang di campur dengan air, bisa digunakan untuk merendam tangan dan menetralkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk membilas tangan setelah di rendam dengan baking soda.

5. Pasta Gigi

Bahan alami yang terakhir adalah pasta gigi. Pasta gigi memiliki kandungan flouride yang bisa membantu menghilangkan bau bawang putih di tangan. Cara menggunakannya dengan mencuci tangan dengan pasta gigi, lalu dibilas dengan air mengalir.

Cara Meghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut

Mengonsumsi Bawang Putih
Ilustrasi Bawang Putih Credit: pexels.com/Cats

Selain menempel di tangan, bau bawang putih juga bisa menempel di mulut, sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri dan membuat orang lain menjadi tidak nyaman. Untuk menghilangkan bau bawang putih di mulut, berikut solusinya:

1. Minum Susu

Minum susu sebelum atau sesudah mengonsumsi bawang putih, dipercaya bisa membantu menetralkan bau bawang putih di mulut. Karena susu memiliki kandungan lemak, yang bisa menetralkan kandungan sulfur.

2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol, yang bisa membantu menangkal radikal bebas dan melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Jika mengonsumsi teh hijau setelah mengonsumsi bawang putih, maka andungan ini juga bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

3. Buah-Buahan

Ada baiknya setelah mengonsumsi bawang putih, kamu mengonsumsi buah-buahan seperti apel, berry, nanas atau kiwi, yang memiliki kandungan alami untuk menetralkan sulfur yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

4. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan karena bawang putih. Karena obat kumur memiliki kandungan klorin dioksida atau seng, chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride, yang membantu menetralkan bau mulut dan membunuh bakteri di dalam mulut.

5. Gosok Gigi

Menggunakan obat kumur saja sepertinya kurang cukup, untuk membersihkan bau mulut dan kotoran yang menempel di gigi dan mulut. Untuk itu bersihkan gigi dan mulut menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, untuk menghilangkan bau mulut.

Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

bawang putih-kezo
ilustrasi bawang putih/Karolina Grabowska/pexels

Walaupun menyebabkan bau mulut dan bau di tangan, tetapi bawang putih mentah bisa dikonsumsi secara langsung, karena memiliki banyak banyak untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, mangan, kalsium,protein, serat, selenium dan karbohidrat, yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung, mengatasi flu, menyembuhkan sakit gigi, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan kulit.

Namun mengonsumsi bawang putih harus dibatasi, agar tidak menyebabkan efek samping bagi tubuh, seperti bau mulut tidak sedap, gangguan sistem pencernaan, merangsang saraf trigeminal dan memicu sakit kepala.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021