5 Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Yogyakarta yang Seru untuk Dikunjungi

Imelda Rahma08 Jun 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 15:35 WIB
solo traveller

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan budaya dan alam yang bisa dieksplorasi. Tempat wisata Yogyakarta memang kerap menjadi pilihan destinasi turis lokal maupun mancanegara. Terdapat candi yang sangat terkenal di Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan.

Selain Candi Prambanan, ada juga Candi Ratu Boko, Candi Ijo dan masih banyak lainnya. Yogyakarta juga menyuguhkan wisata alam yang memanjakan jiwa, yaitu ragam pantai di Gunung Kidul yang beberapa masih sepi pengunjung sehingga menambah kesal pantai pribadi saat berlibur ke sana.

Kini, Yogyakarta melebarkan ragam wisata yang semakin instagramable sehingga menarik hati banyak anak muda maupun keluarga. Wisata-wisata Jogja terbaru kian bermunculan dan siap untuk dikunjungi. Berikut Fimela.com telah merangkum wisata Jogja terbaru yang keren dan sayang untuk dilewatkan.

Upside Down World

Upside Down World
Foto Upside Down World Jogja Credit: Liputan6.com

Jika mencari spot foto yang tidak biasa, kamu bisa mengunjungi wisata Jogja terbaru Upside Down World yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Upside Down World seperti namanya menyuguhkan konsep dunia terbalik di mana banyak perabotan dan desain ruangan berada di posisi terbalik atau di atas kita. Sehingga ketika mengambil gambar, maka kita akan tampak melayang dan berada di posisi atas.

Untuk tiket masuk studionya sendiri, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp80.000 rupiah dan bisa mulai berkunjung mulai pukul 10.00 sampai 19.00 WIB.

The Lost World Castle

The Lost World Castel
Foto The Lost World Castel Credit: Liputan6.com

Wisata Jogja terbaru selanjutnya adalah The Lost World Castel yang bisa membuat Anda seperti berada di banteng Takeshi, salah satu acara TV di Jepang.

Tempat wisata ini dibangun untuk tujuan edukasi perihal erupsi Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun silam. Erupsi tersebut menyebabkan beberapa desa, yakni salah satu desa Kepuharjo lenyap.

Untuk memasuki area wisata ini, kamu bisa menyiapkan uang Rp25.000 rupiah dan bisa menikmatinya mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Tebing Breksi

Tebing Breksi
Foto Tebing Breksi Credit: Liputan6.com

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata Jogja terbaru dan terpopuler di sepanjang tahun 2016 hingga 2017. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik.

Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Tebing breksi terus mengalami renovasi hingga menjadi tempat yang amat menarik untuk dikunjungi.

Jadi jika kamu lama tak mengunjunginya, maka kamu akan mendapati beberapa spot baru yang siap masuk jepretannmu.

Sungai Kedung Jati

Sungai Kedung Jati
Foto Sungai Kedung Jati Credit: Liputan6.com

Destinasi wisata sungai yang memberikan sensasi luar biasa adalah Kedung Jati. Lokasinya di Selompamioro, Imogiri, persinya di lembah Sungai Oya diapit bukit-bukit karst menghijau. Aliran Sungai Oya terbentang 106 kilometer berhulu di Gunung Kidul hingga bermuara di pantai selatan Jawa.

Di Kedung Jati tersedia paket wisata untuk menyusuri Sunga Oya dengan menggunakan perahu karet. Jangan ragu, keamanan saat menaiki perahu karet telah dijamin pemandu wisata.

Ada ada dua jenis paket yakni Short trip dan Long trip dengan harga dan jarak tempuh berbeda. Short trip dibanderol Rp150.000/perahu dengan jarak satu kilometer. Sedangkan Long trip dibanderol sekitar Rp250.000 dengan jarak kurang lebih 5,4 kilometer. Dahaga diobati dengan kelapa muda yang jadi bekal selama trip berlangsung.

Akses menuju Kedung Jati gampang. Rute dari Jogja menuju imogiri kemudian sebelum pertigaan menuju Gunung Kidul, ambil kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Kedung Jati juga menjadi rute gowes yang asyik.

Asram Edupark

Asram Edupark
Foto Asram Edupark Credit: Liputan6.com

Asram Edupark merupakan wisata Jogja terbaru yang merupakan wisata edukasi berbasis alam dibuka di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, tepatnya di Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman.

Paket menginap yang ditawarkan tempat wisata di Yogyakarta ini juga relatif terjangkau, mulai Rp350.000 per orang sudah termasuk BBQ Cooking Experience dan sarapan. Sementara, paket glamping dan outbound dibanderol sekitar Rp485.000 per orang, paket outbound anak Rp105.000 per orang, paket outbound dewasa Rp135.000 per orang, dan paket BBQ mulai Rp120.000.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021