5 Aktivitas Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Vinsensia Dianawanti09 Jun 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 18:30 WIB
Rangkaian Aktivitas yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental menjadi hal yang juga diperhatikan disamping kesehatan fisik di masa pandemi COVID-19. Tekanan dan stres merupakan masalah kesehatan mental yang umum terjadi bagi sejumlah orang karena harus melakukan segala aktivitas di dalam rumah.

Meski masih dalam masa pandemi COVID-19, penting untuk tetap menjaga kesehatan mental dengan baik. Ada berbagai macam cara untuk bisa mempertahankan kesehatan mental sehingga mendukung kesehatan fisik. Jangan ragu untuk melakukan perawatan atau datang ke profesional jika memang dibutuhkan.

Sangha Retreat by Octave Institute menghadirkan program kesehatan mental yang disebut 7 Night-Mindful Living untuk mengeksplorasi batin dan melepaskan potensi tak terbatas. Selama program 7 malam ini, para ahli mendampingi para tamu untuk melakukan tantangan dan pendekatan modern untuk praktis meditasi Timur dan Barat tradisional. Seperti berjalan, peregangan melalui yoga, mindful pernapasan, meditasi, terapi mangkuk suara, sembari mempertahankan pola makan nabati.

Dalam program ini, kamu juga akan dipandu dalam perjalanan untuk menemukan bagaimana penyesuaian penuh terhadap pola perilaku kita sehari-hari. Dengan mempratikkan delapan eksplorasi dan perhatian penuh, mulai dari makanan, napas, tidur, gerakan, meditasi, emosi, kegembiraan, dan hubungan yang berkorelasi dengan kesehatan fisik, mental dan spiritual.

 

Aktivitas untuk menjaga kesehatan mental

Rangkaian Aktivitas yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi
Simak aktivitas apa saja yang tepat untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi COVID-19 (Foto: Sangha)

Setiap harinya akan ada beberapa aktivitas yang akan diikuti oleh setiap peserta, di antaranya.

1. Menembus batas

Program ini akan memandu para tamu ke jalan yang lebih luas untuk dapat menemukan diri sejatinya. Menuai kehidupan yang menyenangkan, sehat, dan bebas.

2. Latihan kelompok

Perjalanan akan dilakukan secara berkelompok, termasuk tantangan meditasi selama beberapa jam. Aktivitas ini akan membuka pikiran kamu melalui interaksi dengan teman-teman. Selangkah demi selangkah kamu akan kembali terhubung dengan tubuh. Kesadaran dan emosi akan lebih seimbang dengan berbagai kegembiraan pada pertumbuhan fisik dan mental.

 

3. Eksplorasi energi

Rangkaian Aktivitas yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi
Rangkaian Aktivitas yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Aktivitas ini akan mengarahkan hidup ke arah yang lebih positif. Dengan menghilangkan kecemasan, eksplorasi dan merangsang vitalitas akan meningkatkan potensi diri lewat latihan pernapasan, meditasi dan terapi suara.

4. Makan dengan perhatian

Dirancang oleh koki Michelin, makanan yang disaikan penuh dengan perhatian. Rencana makan vegetarian yang disesuaikan dengan menggabungkan intermiten dan memasak denga penuh perhatian. Pengetahuan tentang akan masakan nabati akan dipelajari untuk berlanjut di masa yang akan datang.

5. Pikiran yang penuh sukacita

Jelajah diri yang sejati dengan refleksi batin lewat kelas seni, memasak, dan EQ. Kamu akan memiliki kesempatan untuk mengalami Time Waver yang memungkinkan kita lebih memahami sinyal fisik dan mental.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021