Sukses

Lifestyle

Asuransi, Memahami Pengertian dan Apa Saja yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah perencanaan keuangan, proteksi memiliki peran yang penting untuk memastikan bahwa rencana keuangan yang telah disiapkan dapat terlindungi sehingga bisa mencapai tujuan kamu. Salah satu yang dapat dikategorikan sebagai proteksi adalah asuransi. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari akan hal ini karena seringkali asuransi dianggap sebagai sesuatu yang rumit dan membingungkan. Banyak juga persepsi yang melihat asuransi adalah barang mahal dan memiliki proses klaim yang ribet.

Untuk membantu kamu lebih memahami asuransi, berikut beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui tentang asuransi:

1. Jenis-jenis Asuransi

Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia yang dapat kamu pilih, dari asuransi jiwa hingga asuransi umum. Asuransi jiwa termasuk juga asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis, sedangkan asuransi umum termasuk asuransi kendaraan, hingga asuransi properti. Yang terpenting dalam memilih asuransi adalah yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan keuangan, dan prioritasmu. Jika sudah menetukan asuransi yang kamu butuhkan, mulailah cari tahu perusahaan asuransi yang punya performa baik.

Tapi, tetap yang terpenting adalah melindungi diri kamu sendiri. Jika belum memiliki asuransi, sangat disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai dasar proteksi kamu. Jadi, jangan hanya asuransikan kendaraan kamu ya, kamu juga penting loh!

2. Jumlah Premi dan Periode Pembayaran Premi

Saat sudah memutuskan untuk memiliki asuransi untuk diri kamu, ketahui berapa banyak premi yang harus dibayarkan dan berapa lama harus membayarnya. Kemudian, kamu dapat membandingkannya dengan manfaat yang akan diterima. Cek juga jadwal pembayaran premi, apakah bulanan, enam bulan, atau tahunan. Pelajari juga metode pembayarannya seperti transfer bank, pembayaran langsung, atau auto-debit, dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa mengatur cash flow keuangan kamu nantinya.

 

 

3. Pelajari Manfaat dari Produk Asuransi

Setelah mengetahui jumlah dan periode premi, pastikan apa saja perlindungan yang didapatkan. Sesuaikan juga dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya, saat membeli produk asuransi kesehatan, jangan lupa untuk menanyakan penyakit apa saja yang dicakup, atau berapa batas maksimal perlindungan, dan juga rumah sakit rekanan asuransi tersebut. Jika kamu memiliki riwayat penyakit kritis di garis keturunan kamu, kamu juga bisa pertimbangkan untuk memilih atau menambahkan manfaat penyakit kritis yang mungkin membutuhkan perlindungan lebih di masa mendatang. Dan tenang saja, salah satu perusahaan asuransi digital di Indonesia, FWD Insurance, sudah menyediakan berbagai tipe asuransi yang dapat kamu pahami dengan mudah dan mudah diakses melalui berbagai channel distribusi.

4. Proses Pembelian dan Pengajuan Klaim Asuransi

Saat sudah memantapkan diri untuk membeli sebuah produk asuransi, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari dengan baik bagaimana proses pembelian, klaim, serta dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan.

Memastikan bagaimana proses klaim saat terjadi risiko adalah hal penting yang harus kamu ketahui. Misalnya, untuk asuransi kesehatan, apakah sistem klaimnya cashless yang berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang saat di rumah sakit rekanan atau reimbursement yang berarti kamu akan menggunakan uang kamu dulu yang nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi. Jangan lupa juga untuk menanyakan dokumen yang harus dipenuhi ketika mengajukan klaim serta teknis pengajuan klaim serta pengiriman dokumen.

Di FWD Insurance, proses yang dikenal rumit dan membutuhkan banyak kertas dan dokumen tersebut dimudahkan dengan adanya FWD MAX, aplikasi one-stop solution yang menyediakan proses asuransi dalam satu aplikasi. Karena berfokus pada nasabah, FWD MAX memiliki fitur eServices yang dapat digunakan oleh nasabah individu. Berbagai fitur canggih sudah ada, termasuk kamu menemukan informasi polis, membeli dan mengklaim asuransi, memanfaatkan menu self-service untuk melakukan pembaruan data hingga menukarkan FWD MAX poin untuk berbagai aktivitas atau eVoucher.

Saat kamu merasa sakit namun masih enggan untuk ke rumah sakit karena kondisi pandemi, FWD Insurance juga sudah menjalin kerjasama dengan Halodoc, yang nantinya juga akan diintegrasikan ke dalam aplikasi FWD MAX sebagai pelengkap. Jadi, kamu bisa dengan mudah konsultasi dengan dokter dan pastinya sudah dilindungi oleh asuransi FWD Insurance yang kamu miliki. Fitur eClaim yang ada di FWD MAX juga telah membantu banyak nasabah untuk mengajukan klaim dengan mudah dan simpel. Selama pandemi ini, bahkan klaim digital menggunakan FWD MAX sudah meningkat 67,1% dan pengajuan sudah disetujui hanya dalam kurun waktu 2 hari!

“FWD MAX ini telah hadir dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pengalaman para nasabah serta meningkatkan efisiensi operasional. Semua produk dan layanan FWD Insurance ini dilakukan secara digital dan paperless. Sehingga, kami bisa membantu dan mengakomodasi kebutuhan nasabah dengan mudah di mana saja dan kapan saja terutama dalam kondisi pandemi saat ini.” kata Maika Randini, Chief Marketing Officer FWD Insurance.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, kamu tidak lagi harus menghadapi proses pengajuan asuransi ataupun klaim yang rumit dengan mengirimkan berbagai dokumen fisik karena kamu dapat menjalankan proses ini di ujung jari kamu.

Yuk, pelajari kembali produk asuransi yang hendak kamu miliki agar tak salah membeli! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi fwd.co.id.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading