Berapa Lama Screen Time untuk Anak Usia 3 Tahun? Simak Aturannya

Hilda Irach13 Jun 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 11:00 WIB
Berapa Lama Screen Time untuk Anak Usia 3 Tahun? Simak Aturannya

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perkembangan otak bayi terjadi pada 2 tahun pertama kehidupannya. Itulah mengapa sangat penting bagi anak-anak untuk menjelajahi lingkungan mereka, termasuk memberikannya screen time melalui gadget, smartphone atau tablet.

Sebab, menurut Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Rosalina Verauli, di era digital saat ini anak tidak bisa dipisahkan dengan gadget. Menghalangi gadget pada anak justru dapat menghambat tumbuh kembangnya secara adaptif.

Meski diperbolehkan, para orangtua harus memberi si kecil batasan waktu agar tidak mengalami kecanduan gadget. Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), umumnya untuk anak usia 2 dan 3 tahun harus dibatasi screen time maksimal 1 jam sehari.

Sementara untuk anak dibawah 18 bulan tidak diperkenankan memiliki screen time sama sekali. Pengecualian untuk aturan ini adalah obrolan video dengan kakek-nenek atau teman keluarga lainnya, yang dianggap sebagai waktu berkualitas untuk berinteraksi dengan orang lain.

Selain memberi batasan waktu, terdapat beberapa aturan memberikan screen time pada anak yang harus diperhatikan oleh orang tua. Dikutip dari Kids Health, berikut ini selengkapnya.

Aturan memberi screen time pada anak

Berapa Lama Screen Time untuk Anak Usia 3 Tahun? Simak Aturannya
Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP) anak-anak harus diberi batasan waktu screen time. Simak selengkapnya. (Foto: Unsplash.com/ Alexander Dummer).

1. Orangtua harus mendampingi dan mengajaknya berdiskusi

Ketika si kecil bermain game edukasi atau menonton TV, orang tua memiliki peran untuk mendampinginya dan mengajaknya berdiskusi terkait apa yang ditonton si kecil pada saat itu.

2. Teliti game dan aplikasi sebelum memberikannya untuk anak

Ada ribuan aplikasi dan game yang mengklaim mendidik, tetapi tidak semuanya. Telusuri secara online untuk melihat mana yang dianggap paling baik oleh para pendidik dan dokter.

3. Jadwalkan banyak waktu non-layar untuk anak

Waktu bermain yang tidak terstruktur penting untuk membangun kreativitas, jadi pastikan si kecil harus punya waktu untuk bermain jauh dari layar setiap hari.

Baik itu, makan bersama keluarga dan waktu tidur juga merupakan waktu yang penting untuk menjauhkan layar dan berinteraksi dengan buah hatimu.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓