Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik dengan 5 Hal Sederhana Ini di Pagi Hari

Hilda Irach14 Jun 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 15:30 WIB
Lakukan 5 Hal Sederhana Ini di Pagi Hari, untuk Mental dan Fisik yang sehat

Fimela.com, Jakarta Rutinitas pagi yang padat tidak hanya berdampak buruk pada masalah kesehatan mental seperti Depresi dan kecemasan, tetapi juga masalah kesehatan fisik seperti tulang punggung. Hal ini tentu tak boleh dibiarkan karena akan berdampak pada produktivitas di pagi hari.

“Rutinitas pagi yang sehat dan rendah stres dapat membantumu tetap fokus sepanjang hari dan sehat baik secara fisik maupun mental,” kata psikolog klinis, Ryan Howes kepada Self.

Oleh karena itu, untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan mental, beberapa tips produktif ini mungkin bisa kamu terapkan. Apa saja? berikut ini selengkapnya.

1. Rapikan tempat tidur

Merapikan tempat tidur secara teknis adalah tugas, tetapi itu juga bisa menjadi cara yang sederhana dan kecil untuk membuat dirimu merasa baik. Alasannya bermacam-macam, namun Howes mengatakan cara ini sangat membantu untuk menghilangkan stres sebelum menghadapi tekanan kerja di pagi hari.

Dalam kutipan populer dari Laksamana Angkatan Laut William H. McRaven juga mengatakan bahwa merapikan tempat tidur setiap pagi memberikan sedikit rasa bangga yang akan mendorong kita untuk melakukan tugas-tugas lainnya.

2. Tunda memeriksa ponsel

Setelah bangun tidur, sebagian besar orang mungkin langsung memeriksa ponsel mereka. Padahal hal ini bisa memicu stres, menimbulkan kecemasan dan mengganggu kesehatan mental sebelum menjalani hari.

“Karena itu, setelah bangun tidur tunda waktumu memeriksa ponsel. Segerakan untuk mencuci wajah dan lakukan sesuatu yang menyenangkan,” ujarnya.

3. Regangkan tubuh

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini di Pagi Hari, untuk Mental dan Fisik yang sehat
Simak cara agar tetap produktif di pagi hari untuk mental dan fisik yang sehat. (Foto: Unsplash.com/Bruce Mars).

Melakukan peregangan setelah tidur dapat merelaksasi tubuh dan pikiran kita. Sehingga pada gilirannya akan membuatmu jauh lebih siap menghadapi pekerjaan di pagi hari. Karena itu, lakukanlah peregangan di seluruh tubuh dan atur pernapasanmu sebaik mungkin.

4. Minum air

Tak dapat dipungkiri, minum air bermanfaat untuk menghidrasi tubuh kita sepanjang hari. Namun bukan hanya itu saja, membiasakan diri untuk menegak satu gelas air setelah bangun tidur dapat membuatmu menjadi lebih fokus dan sehat secara mental.

5. Tulis dan tinjau daftar tugas harianmu

Menurut Howes, cara ini efektif membantumu tetap produktif sepanjang hari. “Ini adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikan beberapa strategi sebelum terganggu oleh banjir email atau meeting yang tak terhindarkan,” kata dia.

Selain itu, menulis atau membuat daftar tugas juga membantu kita mengembalikan fokus, energi dan waktu. Sehingga kamu akan terhindar dari stres di pagi hari.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela