Cara Menghitung BMI untuk Mengenali Berat Badan Ideal

Kezia Prasetya Christvidya10 Jun 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 07:45 WIB
Membantu Proses Pembakaran Lemak

Fimela.com, Jakarta Mengenali berat badan ideal sangat penting, demi menjaga kesehatan tubuh. Cara menghitung berat badan ideal atau Body Mass Index (BMI) ini, adalah cara menghitung berat badan yang populer dan sering digunakan oleh pakar kesehatan.

Cara menghitung BMI ini juga dikenal dengan IMT atau Indeks Massa Tubuh, yang bisa dilakukan untuk menandai bahwa tubuhmu dalam kondisi sehat. Mengetahui berat badan yang ideal juga bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit khusus.

Cara menghitung BMI ini sangatlah mudah, yang bisa berlaku untuk orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Berikut cara menghitung BMI, yang dilansir dari Liputan6.com:

 

Pengertian BMI

timbangan
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT), merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghitung berat badan ideal. Cara menghitung BMI ini, dilakukan berdasarkan berat badan dan tinggi badan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Menghitung BMI ini diperlukan untuk menandai kesehatan tubuh seseorang, apakah orang tersebut memiliki berat badan yang ideal, sehat atau tidak sehat. Perhitungan BMI ini, bisa dijadikan sebagai tanda seberapa banyak lemak yang ada di dalam tubuh seseorang.

Perhitungan BMI yang terlalu rendah, bisa dijadikan sebagai tanda kalau tubuh memiliki kekurangan lemak. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan sepertu anemia dan pengeroposan tulang. Bahkan BMI juga bisa dijadikan tanda tingginya lemak di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Rumus Cara Menghitung BMI

Membantu Program Diet
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

 

Cara menghitung BMI sangatlah mudah dan bisa kamu dilakukan sendiri dimana saja. Bahkan semakin berkembangnya teknologi, cara menghitung BMI ini bisa dilakukan dengan aplikasi khusus atau situs secara online.

Cara menghitung BMI ini hanya berlaku untuk laki-laki dan perempuan yang berusia lebih dari 20 tahun, dengan rumus BMI = Berat badan : (tinggi badan (m) x tinggi badan (m)). Berikut contoh cara menghitung BMI yang mudah, untuk mengetahui berat badan yang ideal:

Seorang wanita memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi badan 1.60 m. Maka cara menghitung BMI adalah:

BMI = 50 : (1.60 x 1.60)

BMI = 50 : 2.56 = 19.53 Body mass index atau Indeks massa tubuh wanita tersebut adalah 19.53.

 

Indikator Berat Badan Ideal

menurunkan berat badan
ilustrasi diet/copyright by kurhan (Shutterstock)

Dalam perhitungan BMI ini, bisa dilihat untuk mengukur berat badan ideal, sehingga ada beberapa indikator tentang berat badan ideal, untuk mengetahui seberapa ideal berat badanmu dan ukuran lemak tubuhmu. Berikut penjelasan indikator berat badan ideal:

  1. IMT antara 18.5 sampai 24.9 merupakan berat badan normal atau ideal.
  2. IMT dibawah 18.5 dikategorikan sebagai kekurangan berat badan.
  3. IMT di antara 25.0 – 29.9 termasuk kelebihan berat badan atau bisa disebut pre-obesitas.
  4. IMT di antara 30-34,9 termasuk obesitas tingkat I.
  5. IMT di antara 35-39,9 termasuk obesitas tingkat II.
  6. IMT lebih dari 40 termasuk obesitas tingkat III.
Lanjutkan Membaca ↓