Mengenal Diet Ketogenik yang Menyehatkan untuk Menurunkan Berat Badan

Kezia Prasetya Christvidya10 Jun 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 08:45 WIB
diet makan sehat sayur buah

Fimela.com, Jakarta Diet adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatur pola makan sehari-hari. Ada berbagai macam metode diet yang bisa dilakukan, untuk menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan tetap sehat.

Salah satu metode diet yang populer adalah diet ketogenik, yang bisa dilakukan dengan mudah dan menyehatkan untuk tubuh. Diet ketogenik atau yang biasanya disebut dengan diet keto ini, adalah diet dengan pola makan yang membatasi karbohidrat. Bahkan ada sebagian orang yang menjalankan diet ketogenik ini dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali.

Dengan melakukan diet ketogenik ini, maka dipercaya kalau tanpa makan karbohidrat, lemak yang ada di dalam tubuh akan diolah oleh tubuh secara alami, sebagai sumber energi yang bisa menggantikan karbohidrat.

Agar lebih memahami tentang diet ketogenik, yuk kenali diet ketogenik yang menyehatkan, serta makanan yang boleh dikonsumsi orang yang sedang menjalankan diet ketogenik, dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Diet Ketogenik

Rendah Kalori dan Baik untuk Diet
Ilustrasi Diet Credit: shutterstock.com

Diet ketogenik atau diet keto adalah metode diet atau pola makan sehari-hari, dengan mengurangi atau tidak mengonsumsi karbohidrat. Dengan mengurangi karbohidrat, maka lemak yang terdapat di dalam tubuh ini akan diolah menjadi sumber energi, sehingga kadar lemak di dalam tubuh jadi menurun dan berat badan jadi ideal.

Saat menjalankan metode diet ketogenik ini, setiap orang tetap boleh mengonsumsi segala jenis makanan lainnya, selain karbohidrat, bahkan tetap boleh mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak. Tingginya kadar lemak yang ada di dalam tubuh ini, bisa membuat tubuh dalam metabolisme yang disebut ketosis.

Menurut sebuah penelitian, diet ketogenik sangat menyehatkan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat baik dari metode diet ini, bisa dirasakan oleh seseorang yang memiliki penyakit kanker, diabetes dan alzheimer.

Manfaat Menjalankan Diet Ketogenik

makan sehat
ilustrasi makanan diet/Photo by Valeria Boltneva from Pexels

Saat sedang menjalankan diet ketogenik, maka asupan gula dan karbohidrat yang ada di dalam tubuh akan berkurang. Tetapi kandungan lemak dan protein di dalam tubuh, akan membuat energi tubuh tidak berkurang. Diet ketogenik ini memiliki berbagai macam manfaat, seperti berikut ini:

Menurunkan Berat Badan

Tentu saja manfaat menjalankan diet ketogenik yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan, atau bisa juga untuk membuat berat badan lebih ideal. Bahkan diet ini bisa membuat energi yang ada di dalam tubuh jadi lebih stabil.

Mencegah Diabetes

Diet ketogenik ini sangat cocok dilakukan bagi penderita diabetes. Karena diet ketogenik ini mengurangi asupan karbohidrat, sehingga asupan gula yang ada di dalam tubuh akan berkurang, dan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

Mengurangi Kolesterol

Diet ketogenik ini juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena saat menjalankan diet ini, kamu hanya mengonsumsi lemak baik, protein dan serat, sehingga akan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat diet ketogenik yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Karena diet ini bisa membantu menurunkan atau menjaga stabilnya tekanan darah. Kurangnya kolesterol jahat di dalam tubuh, juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat diet ketogenik yang terakhir, yaitu bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Sehingga orang yang menjalankan diet ketogenik ini akan terhindar dari penyakit alzheimer.

Makanan yang Dikonsumsi Saat Diet Ketogenik

Efektif untuk Program Penurunan Berat Badan
Ilustrasi Buah Pisang Credit: pexels.com/Qeela

1. Makanan Laut

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi saat menjalankan diet ketogenik adalah makanan laut. Makanan laut seperti salmon dan tuna, memiliki kandungan yang kaya akan omega-3, vitamin B, kalium dan selenium yang baik untuk tubuh.

2. Sayuran

Beberapa sayuran memiliki kandungan yang tinggi karbohidrat. Untuk kamu yang menjalankan diet ketogenik ini, bisa mengonsumsi sayuran yang rendah kandungan kerbohidrat seperti bayam, tomat, terong dan brokoli.

3. Alpukat

Sering kali buah alpukat dijadikan sebagai pengganti nasi. Karena alpukat adalah buah yang mengandung serat dan vitamin, yang bisa membuat tubuh terasa lebih kenyang. Bahkan disetiap 100 gram alpukat hanya mengandung 2 gram karbohidrat.

4. Daging

Saat menjalankan diet ketogenik, tubuh tetap memerlukan asupan tinggi lemak dan protein seperti daging ayam dan daging sapi, yang diperkaya dengan kandungan vitamin B, kalium, selenium dan zinc.

5. Telur

Telur juga merupakan makanan yang bisa dikonsumsi orang yang menjalankan diet ketogenik. Satu buah telur besar, memiliki kandungan kurang dari 1 gram karbohidrat, tetapi kaya akan kandungan omega-3 dan protein, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021