Sukses

Lifestyle

Boleh Gaya Asal Punya Uang Sendiri, Ini 5 Alasannya

Fimela.com, Jakarta Bergaya, membeli baju rancangan desainer terkenal, dan membeli barang-barang branded adalah hak tiap orang. Kita bisa bebas membeli apa saja dan mengikuti gaya hidup sesuai dengan keinginan kita. Hanya saja ada satu hal penting yang perlu diingat, yaitu selalu sesuaikan dengan kemampuan kita.

Bergaya boleh asal punya uang sendiri. Yang berbahaya adalah ketika kita nekat berutang sana-sini hanya demi gengsi. Yang berisiko adalah saat kita terlalu banyak menumpuk utang hanya karena dianggap berkelas. Penting untuk bergaya sesuai dengan kemampuan atau penghasilan yang kita punya.

1. Bergaya dengan Cara Berutang Cuma Bikin Stres

Tahukah bahwa utang ternyata memiliki kategorinya sendiri? Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru, ada yang namanya utang baik, utang jelek, dan utang jahat. Contoh dari utang baik adalah pinjaman rumah, pinjaman untuk modal usaha, serta pinjaman untuk pendidikan. Sedangkan utang jelek contohya adalah pinjaman kendaraan karena nilai kendaraan terus menurun. Lalu, utang jahat ini utang yang diambil untuk konsumsi sehari-hari. Mengambil utang untuk konsumsi sehari-hari sangat tidak disarankan. Berutang untuk konsumsi sehari-hari, apalagi cuma untuk sok bergaya hanya akan menambah stres dan rasa tertekan sendiri.

2. Pakai Uang Sendiri Menambah Kepuasan Batin

Bisa pakai uang hasil kerja keras sendiri untuk membeli sesuatu memberi kepuasan batin. Ada kebahagiaan sendiri saat kita bisa menyenangkan diri sendiri dengan kemampuan kita. Bahkan kita bisa lebih percaya diri saat melakukannya. Bergaya asal sesuai kebutuhan dan tanpa berutang bisa menambah kebahagiaan.

3. Hidup Sesuai Prioritas Membuat Hati Lebih Tenang

Kadang kita memang perlu membeli barang bermerek tertentu yang harganya mahal karena kita yakin akan kualitas terbaiknya, bahkan bisa jadi investasi jangka panjang. Tak ada yang salah untuk itu. Selama bisa disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan, boleh-boleh saja.

4. Membelanjakan Uang Hasil Jerih Payah Sendiri Membuat Kita Lebih Bertanggung Jawab

Karena kita tahu dan sadar betul susahnya mencari uang, kita jadi lebih bertanggung jawab dalam membelanjakan. Ketika bergaya pakai uang sendiri pun, kita jadi lebih bertanggung jawab atas pilihan itu. Kita tak mudah boros atau terlalu gegabah dalam membelanjakan uang untuk suatu kebutuhan tertentu.

5. Pakai Uang Sendiri Bisa Meringankan Beban Sendiri

Tak ada orang lain yang kita bebani atau beratkan dengan pilihan kita. Selama kita bertanggung jawab menggunakan dan membelanjakan uang kita sendiri, maka kita pun akan meringankan beban sendiri. Bergaya dengan kemampuan sendiri, tak ada orang lain yang kita buat susah. Hal ini pun akan menambah kenyamanan dan ketenangan diri kita.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, seberapa penting bergaya sesuai dengan kemampuan sendiri dan pakai uang sendiri? Semoga apa pun pilihan gaya hidup yang kita ambil, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik dan bertanggung jawab, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading