Sukses

Lifestyle

Cat Burrito, Teknik Membungkus Kucing yang Aman dan Bebas Stres

Fimela.com, Jakarta Pernah mencoba memegang kucing dan berakhir dengan terkena cakar atau gigitan? Walau enggan melakukannya, pemilik anabul terkadang harus memegang hewan peliharaannya saat memberikan obat, grooming, hingga melakukan pemeriksaan.

Sayangnya, tidak semua kucing bisa duduk diam dan berubah takut, stres, bahkan agresif. Untungnya, ada solusi jitu dengan memanfaatkan handuk untuk membungkus kucing yang dikenal dengan teknik cat burrito.

 

Apa Itu Cat Burrito?

Istilah cat burrito mengacu pada teknik membungkus handuk yang digunakan untuk menahan kucing sambil mengurangi stres. Kebanyakan anabul menjadi stres dan takut dan akan menunjukkan respons melawan atau lari. Umum terjadi di dokter hewan atau saat grooming, kucingmu mungkin akan merasa terpojok dan berusaha melawan apapun yang menghalangi jalannya, sehingga bisa menyebabkan cedera pada kucing dan manusia.

Manfaat Membungkus Kucing

Ada beberapa tugas yang bikin pemilik anabul sering berpikir dua kali untuk melakukannya. Selain anggapan akan menyakiti kucing, juga risiko terkena cakar atau gigitan saat harus memegang dan menenangkan hewan peliharaannya. Teknik ini bisa digunakan saat memberikan obat, membersihkan telinga, memeriksa area di kepala, wajah, atau mulut, menggosok gigi, memotong kuku, hingga membersihkan atau memangkas bulu di sekitar ekor.

Bahan dan Cara

Teknik ini sering digunakan oleh dokter hewan untuk menangani kucing yang stres dengan aman dan manusiawi. Bahannya sederhana, yaitu handuk yang digunakan untuk membuat penghalang antara kucing dan manusia, sehingga membantu melindungi dari cakar dan gigi. Tekanan lembut dari handuk pun memberikan rasa nyaman, sekaligus membatasi gerakan yang bisa dilakukan kucing.

Pertama, letakkan handuk berukuran cukup besar di atas meja, lalu angkat kucing dengan lembut. letakkan di satu sisi handuk dan berikan tekanan lembut di belakang lehernya. Jika anabulmu menolak berbaring, jangan memaksa tapi ubah caramu membungkusnya. Ambil ujung handuk dan bungkus dengan kuat pada punggung kucing. Biarkan terbuka pada kepala dan selipkan ekor ke sisi tubuhnya serta cakarnya selalu berada di dalam handuk.

 

Jangan Lupa Berikan Reward

Gunakan satu tangan untuk menahan kucing yang dibungkus dekat dengan tubuhmu saat memberikan obat atau membersihkan telinga. Jangan lepaskan atau anabulmu akan lolos dari bungkusan handuk. Untuk memotong kukunya, ulangi proses membungkus tapi biarkan satu kaki keluar dari handuk. Hal yang sama juga dilakukan jika memerlukan akses ke ekor atau bagian belakang tubuh hewan peliharaanmu.

Setelah selesai, letakkan kucing di atas lantai dan biarkan keluar dengan sendirinya. Biarkan anabulmu tenang dan baru berikan reward berupa belaian, pujian, hingga treat favorit seperti Muezza. Brand makanan kucing yang halal ini dibuat dari bahan alami dan bebas dari bahan sintetik. Tersedia dalam 4 variasi rasa, dapatkan semuanya secara online di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading