4 Tips Mengadakan Pernikahan Kecil Namun Lebih Bermakna

Febi Anindya Kirana11 Jun 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 16:15 WIB
pernikahan

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir seperti ini, mengadakan pernikahan besar dengan mengundang banyak orang tentu masih belum bisa dilaksanakan secara bebas. Di kondisi seperti inilah pernikahan kecil dan sederhana lebih banyak diminati.

Mengadakan pernikahan kecil bukan berarti kamu akan kehilangan maknanya. Justru karena diadakan secara terbatas inilah, kidmat pernikahan jadi lebih terasa. Jika berencana mengadakan pernikahan kecil namun terasa bermakna, ini dia sekian hal yang bisa dipertimbangkan.

1. Tentukan anggaran

Menentukan anggaran tentu menjadi hal paling penting sebelum merencanakan pernikahan. Pernikahan kecil belum tentu murah. Ada kalanya pasangan pengantin ingin memberikan suvenir mahal dan jamuan makan terbaik untuk tamunya, atau mendekorasi venue pernikahan dengan bunga-bunga langka. Menentukan budget jelas perlu ditetapkan sejak awal baik mengadakan pesta pernikahan besar maupun kecil.

2. Prioritaskan pengalaman terbaik untuk tamu

pernikahan
ilustrasi menikah/Photo by mentatdgt from Pexels

Tamu yang kamu undang mungkin cukup keluarga dan sahabat-sahabat terdekat, tapi justru karena itulah kamu perlu fokus pada mereka. Tata tempat duduk di mana semua orang bisa menyaksikan prosesi pernikahan secara dekat. Sajikan berbagai pilihan makanan yang mereka suka, cantumkan secarik kartu selamat datang atau pesan terima kasih ketika mereka menerima suvenir, atau lantunan lagu yang enak didengar selama acara dan lain sebagainya.

3. Pilih dekorasi pernikahan impianmu

Kamu dan calon suami sudah seharusnya mendiskusikan tema pernikahan seperti apa yang ingin dibuat. Pastikan dekorasi pernikahanmu mewakili karakter kalian berdua, hal-hal yang kalian sukai atau bahkan perjalanan cintamu dengannya. Pernikahanmu haruslah menjadi suatu perayaan yang memberi kenangan terbaik untukmu dan pasangan.

4. Bersiap menghadapi risiko

Mengadakan pernikahan kecil tentu memiliki banyak risiko, salah satunya adalah komentar-komentar miring dari orang-orang yang tak diundang. Sebelum acara pernikahan, kamu mungkin bisa memberikan penjelasan mengapa kamu memilih pernikahan sederhana dan hanya sedikit orang yang diundang. Kamu tak perlu minta maaf pada beberapa orang yang menyebarkan gosip, tapi kamu bisa meminta maaf pada teman-teman baik yang terpaksa tidak diundang.

Itu dia sekian tips jika kamu ingin mengadakan pernikahan kecil yang lebih bermakna, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela