7 Kondisi yang Memperbolehkanmu Berbohong pada Pasangan

Baiq Nurul Nahdiat12 Jun 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 11:05 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Berbohong adalah hal yang sebenarnya tidak dianjurkan dalam hubungan, karena hubungan bisa menjadi tidak sehat dan melunturkan kepercayaan. Tetapi ada beberapa situasi, dimana kamu diperbolehkan berbohong pada pasangan. Apa saja kondisi tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Perasaanmu pada teman-temannya

Menurut pakar hubungan, lebih baik bagi pasanganmu untuk berpikir bahwa dirimu tidak memikirkan teman-temannya sama sekali daripada mengatakan yang sebenarnya kepadanya. Misalnya saat dirimu kurang merasa cocok dengan teman-temannya atau merasa kurang senang, ini adalah kejujuran yang sebaiknya disimpan.

2. Untuk menghindari perdebatan

Jika kamu mengatakan "Anda benar" atau "maaf, itu salah saya" untuk mengakhiri atau menghindari pertengkaran, bahkan ketika kamu tidak bersungguh-sungguh, itu boleh saja. Jika ini adalah situasi yang serius, ini bukanlah pendekatan yang tepat, tetapi jika itu adalah sesuatu yang sepele dan hasilnya tidak memengaruhi kepercayaan atau kehidupan bersama, menyerah untuk menghentikan perkelahian dapat membuat situasi yang dapat dipilih.

3. Saat ingin mengakhiri hubungan

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/kittirat roekburi

Memutuskan hubungan bukanlah perkara mudah. Mungkin kamu ingin segera mengakhiri hubungan ini karena sudah tidak merasa cocok dengan pasangan. Daripada membuat pembelaan dan mencari alasan yang memperkeruh suasana, lebih baik katakan bahwa masalah ada pada dirimu. Ini akan mengurangi drama yang melelahkan.

4. Saat tidak suka dengan pemberian pasangan

Terkadang orang menunjukkan cinta dengan cara memberikan pasangan hadiah atau kejutan, misalnya dengan membelikan suatu barang. Karena ini bentuk inisiatif, biasanya seseorang hanya menerka-nerka, kira-kira apa yang disukai oleh pasangan dan mungkin saja ia memberikan sesuatu yang jauh dari seleramu. Agar tidak mengecewakannya, kamu bisa melakukan kebohongan misalnya dengan pura-pura suka dengan barang, tetapi jangan lupa memintanya laik kali agar berkomunikasi denganmu jika ingin memberikan hadiah.

5. Ketika pasangan memilih pakaian yang kurang cocok

Ada kalanya pasangan gagal membuatmu terkesan dengan pilihan pakaiannya. Kamu bisa mengatakan yang sebenarnya bahwa pilihan pakaiannya tidak tepat. Namun sepertinya harus sedikit dibumbui kebohongan agar tidak terlalu terdengar menyakitkan bagi pasangan.

6. Saat pasangan memberikan makanan yang tidak enak

pria memasak
ilustrasi pasangan memasak/Photo by cottonbro from Pexels

Terkadang butuh sebuah usaha lebih baginya untuk menyiapkan makanan kesukaanmu. Sayangnya, ternyata makanan yang dibuatnya tidak seenak yang dibayangkan. Untuk menghargai apa yang pasangan lakukan, kamu bisa sedikit berbohong. Sembari menyelipkan kritikan kecil agar ia bisa memperbaikinya.

7. Terjebak dalam kekerasan

Dalam hubungan yang kasar tidak ada yang bisa dilakukan selain memastikan keamanan dan keselamatanmu. Jika kamu hendak keluar dari hubungan ini, kamu harus memastikan caramu keluar tidak terlalu impulsif. Untuk melancarkan aksimu ini, kamu bisa berbohong dengan segala rencana yang bisa kamu lakukan.

Walau memang kamu dianjurkan untuk berbohong dalam beberapa situasi, tetapi jika memang kamu bisa mengemas kejujuran dengan cara yang baik dan tidak frontal maka itu adalah pilihan yang jauh lebih tepat. Bagaimana pun juga, kejujuran adalah pilihan yang tak pernah salah.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021