Ini Alasan Ilmiah Manusia Harus Olahraga dan Tidak Boleh Lama Rebahan

Febi Anindya Kirana20 Jun 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 11:15 WIB
olahraga di rumah

Fimela.com, Jakarta Hanya karena dianjurlan lebih sering menjalani kegiatan di rumah bukan berarti kamu bisa rebahan sepanjang hari. Bagaimana pun, tubuh ternyata diciptakna bukan untuk berdiam diri. Ada banyak risiko yang mengancam ketika kamu terlalu lama rebahan dan bermalas-malasan tanpa olahraga sepanjang hidupmu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology menyebutkan bahwa tubuh yang tidak digunakan untuk bergerak atau lebih banyak berdiam diri mampu menurunkan tingkat IQ serta kondisi kesehatan mental. Semua itu karena kurangnya gerakan fisik yang dilakukan setiap harinya.

Alasan tubuh tak boleh berdiam diri

perempuan olahraga
ilustrasi olahraga di rumah/photo created by tirachardz - www.freepik.com

Tubuh secara alami diciptakan memiliki otot untuk dilatih dan digerakkan. Ketika bergerak atau olahraga, kita akan lebih banyak menghirup dan menghembuskan udara. Sistem pernapasan akan lebih aktif sehingga oksigen yang masuk ke tubuh lebih banyak sehingga darah yang dipompa ke seluruh tubuh juga lebih sehat. Karena dipompa lebih kuat, aliran darah juga lebih lancar.

Tubuh yang lebih sering digerakkan juga membantu menjaga sendi serta kekuatan tulang. Bukan hanya itu, olahraga juga diketahui mampu melepaskan stres atau emosi negatif sehingga kondisi mental bisa seimbang.

Bahkan penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's & Dementia, juga menyebutkan bahwa hanya diperlukan paling tidak 10 menit menggerakkan badan atau olahraga demi bisa menjaga kesehatan otak dari Alzheimer dan demensia. Sepenting itulah menggerakkan badan.

Jadi, meskipun berada di rumah pastikan kamu tidak terlalu sering rebahan agar IQ tidak turun dan kondisi mentalmu sehat ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021