Sukses

Lifestyle

Pemilik Kucing Wajib Punya, Ini Daftar P3K untuk Bantu Rawat Anabul yang Kesakitan

Fimela.com, Jakarta Bagi pemilik kucing, tidak ada yang lebih menakutkan daripada hewan peliharaan yang terluka atau mengalami gangguan kesehatan. Menjadi penjelajah alami, hewan peliharaanmu bisa saja kesakitan setelah jatuh dari memanjat pohon, berkelahi dengan anabul lainnya, hingga berkeliaran di lemari berisi pembersih kimia. Jangan panik, lakukan beberapa pertolongan pertama pada anabul sebelum membawanya ke dokter hewan.

Stop Beri Obat Manusia

Melihat kucingmu kesakitan atau sakit, langkah pertama yang harus diingat adalah hindari memberikan obat yang ditujukan untuk manusia. Dal ini dapat memicu reaksi seperti alergi atau keracunan yang memperparah kondisinya. Tangani terlebih dahulu dengan aman, misalnya menggunakan handuk tebal untuk membungkus kucing, yang akan melindungi dirimu dari cakaran atau gigitan, sekaligus memastikan anabulmu merasa lebih nyaman.

Kucing yang Berdarah

Mendapati kucing yang mengeluarkan darah cukup banyak? Berikan pertolongan pertama dengan memberikan tekanan pada luka minimal 10 menit dengan kain kasa, tisu, atau kain bersih.

Minta bantuan orang lain untuk memegang anabul agar tidak banyak bergerak dan hindari mengangkat tekanan untuk memeriksa jika pendarahan sudah berhenti. Dapat menimbulkan gumpalan darah, sebaiknya letakkan kain baru saat melihat masih ada darah yang keluar melalui perban.

 

Patah Tulang

Bawa kucing ke dokter hewan sesegera mungkin. Letakkan handuk di bawahnya dan angkat perlahan ke dalam carrier. Jangan pernah mencoba memasang belat sendiri karena ini akan lebih berbahaya daripada baik dan dapat menyebabkan tulangnya menembus kulit.

Luka Bakar dan Melepuh

Rendam handuk atau kain dalam air dingin dan letakkan langsung ke area yang melepuh. Jangan mengoleskan salep atau krim apa pun karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya, gunakan kain kasa yang dibasahi garam untuk melindungi area dan segera bawa mereka ke dokter hewan.

Keracunan

Mendapati kucingmu keracunan, jangan buang waktu dan secepat mungkin menemukan penyebabnya. Penting untuk memiliki informasi tentang apa yang dimakan oleh anabul, dan jika perlu bawa sampelnya untuk diperiksa. Segera bawa anabulmu ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tersedak

Jika kucing tersedak, bungkus dengan handuk dan buka mulutnya. Hindari memiringkan kepalanya ke belakang karena dapat menyebabkan benda jatuh ke tenggorokannya.

Minta bantuan orang lain untuk memegang dan menopang kucing, saat mencari sesuatu yang menyumbat. Jika objek terlihat dan tidak tampak menempel pada apa pun, keluarkan dengan pinset tumpul. Segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Pemilik kucing mana pun akan melakukan berbagai cara untuk menjauhkan hewan peliharaan dari ancaman gangguan kesehatan, termasuk menyediakan nutrisi terbaik dari Muezza. Terbuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik, cat food berkualitas dan halal ini tersedia dalam 4 varian rasa lezat. dapatkan keempat pilihan Muezza secara online, hanya di Shopee dan Tokopedia! [eth]

Beli Muezza di Shopee 

Beli Muezza di Tokopedia 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading