Sukses

Lifestyle

Tolong, Kucingku Doyan Menghisap Kain Wol!

Fimela.com, Jakarta Ada saja perilaku kucing yang membuat pemiliknya keheranan, salah satunya kebiasaan menghisap kain lembut berbahan wol. Biasanya berasal dari anakan yang disapih terlalu cepat dari induknya, kebiasaan ini bisa terus terbawa hingga dewasa saat anabulmu merasa cemas dan stres.

Walau tidak berbahaya, sebaiknya lakukan pencegahan agar hewan peliharaanmu nggak tersedak karena wol yang tertelan. Begini caranya!

Pahami Alasannya

Ada banyak alasan yang mendorong terbentuknya kebiasaan kucing yang suka menghisap wol. paling sering terjadi pada anak kucing yang dipisahkan terlalu cepat dari induknya, ras tertentu diduga cenderung lebih menyukai wol dan kain lembut lainnya untuk mendapatkan kenyamanan. Selain itu, kucing yang mengalami stres dan kecemasan akibat pada lingkungan sekitarnya bisa melakukan perilaku aneh ini.

Risiko Mengisap Wol

Kebanyakan pemilik kucing masih menoleransi kebiasaan anabul mengisap wol, karena menganggapnya dapat menenangkan dan tidak berbahaya. Padahal, ada risiko benang atau kain yang tertelan dan dapat menyebabkan penyumbatan saluran cerna yang berbahaya. Jika anabulmu menunjukkan perubahan yang diduga akibat menelan wol, segera konsultasikan pada dokter hewan.

Cari Alternatif Aman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mencegah dan mengalihkan perhatian anabulmu dari mengisap wol. Mulai dengan menyingkirkan godaan, misalnya menyembunyikan selimut, pakaian, maupun barang lainnya berbahan wol yang diincar oleh hewan peliharaanmu. Selain itu, carikan alternatif untuk kucing bermain dan mngisap, tanpa risiko tertelan. Misalnya mainan atau kantong kain berisi catnip.

Redakan Stres Kucing

Siapa sangka jika kucing termasuk hewan peliharaan yang mudah mengalami stres. Bahkan perubahan kecil di rumah seperti menata ulang perabotan atau memindahkan mangkuk makannya, bisa memicu kecemasan.

Meskipun sulit untuk menghilangkan pemicu stres, lakukan cara tepat untuk membantu meredakan stres misalnya dengan mengajaknya bermain. Pilih permainan interaktif seperti mengejar laser atau petak umpet untuk mengalihkan perhatiannya dari mengisap kain wol.

Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Selalu libatkan dokter hewan jika mulai merasa khawatir dengan perilaku anabulmu. Jika kebingungan menghadapi kebiasaan mengisap wol, diskusikan langkah terbaik dengan dokter hewan. Berikan banyak cinta, kesabaran, dan tuangkan kreativitas untuk membantu kucingmu menghentikan atau mengurangi kebiasaan mengisap wol.

Memanfaatkan cat food favoritnya juga bisa dilakukan untuk membantunya menghentikan perilaku unik ini. Berikan untuk memperkuat asosiasi positif saat sedang melatih atau reward setelah bermain.

Muezza bisa jadi pilihan tepat karena memiliki citarasa yang lezat, seperti Tuna, Salmon, Ocean Fish, dan Mackerel. Bukan hanya jadi favorit anabul, brand makanan kucing kering ini juga terbuat dari bahan alami yang bebas bahan tambahan sintetik. Sehat, dry food ini pun tersertifikasi halal sehingga pemilik anabul jadi makin bebas was-was saat memberikannya. Tunggu apalagi, dapatkan Muezza secara online di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading