Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu yang Perlu Diketahui

Imelda Rahma15 Jun 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 18:35 WIB
Madu

Sudah sejak dulu, madu dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Madu memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran, jika bumbu masak satu ini kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional di seluruh dunia.

Melansir dari Merdeka.com, madu memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti zat flavonoid dan polifenol. Beberapa kandungan tersebut berfungsi efektif dalam melawan peradangan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, madu berperan penting untuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

Kendati demikian, saat ini banyak ditemukan madu palsu di pasaran. Banyaknya permintaan masyarakat akan madu, tidak sedikit oknum nakal yang memanfaatkan peluang ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih jeli dalam membedakan madu asli dan palsu.

Membedakan madu asli dan palsu memang tidak mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membedakannya. Dilansir dari Merdeka.com, berikut Fimela.com telah merangkum beberapa cara untuk membedakan madu asli dan palsu. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Uji Keaslian Madu dengan Cara Merebusnya

Merebus Madu
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Roman

Salah satu cara membedakan madu asli dan palsu adalah merebus madu menggunakan sendok. Agar bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, kamu bisa merebus madu di atas sendok. Caranya cukup mudah, tuangkan madu ke dalam satu sendok, lalu panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Apabila madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok, bisa disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni. Namun, jika madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, bisa dikatakan madu tersebut palsu atau telah dicampur dengan bahan lain di dalamnya.

Uji Keaslian Madu dengan Cara Membekukannya

Membekukan Madu
Ilustrasi Membekukan Madu Credit: pexels.com/Ekaterina

Selanjutnya, cara membedakan madu asli dan palsu berikutnya bisa dengan membekukan madu. Untuk membuktikan madu itu asli atau campuran, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, bisa dikatakan madu tersebut asli.

Madu tersebut dikatakan palsu atau telah ada campurannya jika membeku. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih madu yang tidak membeku selama di dalam freezer.

Uji Keaslian Madu dengan Kertas

Uji Keaslian Madu dengan Kertas
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Anna

Cara membedakan madu asli dan palsu lainnya, yaitu meneteskan madu ke kertas kosong. Caranya mudah, sobek kertas yang sudah kamu tuangi madu, kemudian lihat apakah kertas tersebut mudah robek. Jika kertas tidak mudah robek, madu tersebut benar-benar asli.

Sedangkan, apabila kertas mudah dirobek, madu itu palsu atau sudah ada campurannya. Pastikan untuk melihat lebih jeli saat melakukan uji coba ini agar bisa membedakan madu asli dan palsu.

Uji Keaslian Madu dengan Korek Api

Uji Keaslian Madu dengan Korek Api
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Claudy

Salah satu cara membedakan madu asli atau palsu yang paling mudah adalah dengan korek api kayu. Caranya sangat mudah, lumuri korek api kayu dengan madu, lalu nyalakan korek tersebut.

Kalau korek api masih menyala setelah dilumuri madu, bisa dikatakan bahwa madu tersebut asli atau murni tanpa campuran. Namun jika korek api kayu tidak menyela, maka madu itu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021