Karir di Industri Kreatif, Salah Satu Pekerjaan yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Anisha Saktian Putri17 Jun 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 08:30 WIB
Ilustrasi bekerja di bidang kreatif di pandemi Covid-19/dok.  Unsplash Neven

Fimela.com, Jakarta Masa Pandemi merupakan waktu yang paling menantang dalam dunia Pendidikan tidak hanya di Indonesia, bahkan secara Global. Namun sekaligus menjadi pembuktian bagi profesi dan karir yang mampu bertahan selama Pandemi COVID-19 pada kurun waktu setahun belakangan ini. 

Kreatifitas dalam desain merupakan kunci sebagai asset dan investasi, baik jika dilihat dari sebuah keterampilan serta keahlian oleh para pelaku usaha.Bidang desain adalah dunia yang terbiasa dengan perubahan, meski sebelum adanya pandemi Covid-19. Sebab para-Designer selalu dituntut untuk berfikir kreatif outside of the box, memberikan dobrakan melalui inovasi, hingga menciptakan trend baru. 

Melihat hal tersebut, desain menjadi pilihan tepat dalam memilih jurusan perkulihan. Sebab kuliah desain, Mahasiwa mendapat pelatihan berupa pelatihan dan praktek dengan presentase 80%, serta pengayaan lewat materi teori 20%. 

Berbeda dengan kuliah konvensional lainnya, mahasiswa bidang desain dipastikan mendapat pengalaman yang sebenarnya melalui kerja karya nyata hampir ditiap mata kuliah dan semester. Sehingga Ketika para lulusan tersebut masuk ke dunia perkerjaan yang sebenarnya mereka sudah benar-benar siap sepenuhnya. 

"Sebagai salah satu Kampus desain international terbaik di Indonesia Lasalle College Jakarta sudah mempersiapkan sebuah system pembelajaran yang sangat menarik  yaitu HYBRID -FLEXIBLE atau di sebut dengan Hy-Flex untuk memaksimalkan pembelajaran dan mengembangkan potensi desain mahasiswa,”  papar Alvira, National AMP Manager of LaSalle College Indonesia. 

Alvira mengatakan Ia Hy-flex merupakan system pembelajara  di mana setiap siswa dan orangtua diberikan kebebasan mmenentukan sendiri apakah akan mengikuti kelas secara live dari rumah masing-masing atau secara tatap muka di kampus (disesuai dengan kebijakan pemerintah yg berlaku dan penerapan protokol Kesehatan yg ketat).

“Dengan system Hy-Flex ini semua mahasiswa Lasalle College Jakarta di kampus ataupun di rumah dapat secara bersamaan berinteraksi dan mendapatkan pengajaran dari para pengajar Lasalle college jakarta di kampus,” ungkapnya.

Mengetahui program karir di dunia kreatif

Ilustrasi bekerja di bidang kreatif/dok. unsplash neven
Ilustrasi bekerja di bidang kreatif/dok. unsplash neven

Alvira menambahkan secara berkelanjutan dan rutin LaSalle College Jakarta, membuka pintu kampusnya bagi para calon mahasiswa yang berminat terhadap bidang Desain dan bisnis. 

Melalui event ‘The 4th Virtual OPEN HOUSE’ yang diselenggarakan pada Sabtu, 26 Juni 2021 ini. Dalam kegiatan ini peserta akan diperkenalkan gambaran proses studi di LaSalle College, dimulai dari basic konseptual dalam desain, eksekusi yang tepat hingga mempresentasikan hasil karya.

“Dalam acara virtual open house ini, semua calon mahasiswa dan orang tua akan diajak menilik berbagai fasilitas yang tersedia dan area lingkungan kampus lewat virtual campus tour. Selain itu pada acara ini para calon mahasiswa Lasalle college Jakarta dan orang tua dapat berdiskusi dengan student’s advisor Lasalle College Jakarta mengenai kurikulum, biaya, beasiswa, international pathway dan lain-lain,” ungkapnya.

Event ini gratis, bagi calom mahasiswa dan orangtua yang ingin mengetahui lebih jauh tentang program dan karir di bidang design. Berikut tema yang tersedia dalam kegiatan ‘The 4th Virtual OPEN HOUSE’ oleh LaSalle College Jakarta:

Fashion Business — Catalogue Styling

WorkshopFashion Design — Basic Knowledge of Fabrics and Their Use

Artistic Makeup — Lashes and Liner

Digital Media Design — Logo and Branding

Interior Design — Interior Sketching Workshop

Photography* — Thinking Visually and Experiment in Photography

Game Art and Design* — The World of Game Design and Its Industry

Management Creative Industries* — Sharing Session (Future Career Opportunity)

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓