7 Sifat Istimewa yang Dimiliki Perempuan Bermental Baja

Baiq Nurul Nahdiat16 Jun 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 14:29 WIB
Pelecehan Seksual

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang ditempa dengan bergai masalah dalam hidupnya, khsususnya perempuan. Tetapi mereka tak pernah kehilangan semangat bahkan bisa bangkit setelah mengalami keadaan terpuruk. Meraka inilah sosok perempuan yang memiliki mental yang kuat, walau hidupnya tak pernah sepi dari cobaan. Selain itu, perempuan dengan mental yang kuat memiliki sifat istimewa seperti ini.

1. Berbuat baik

Banyak orang menganggap bahwa bersikap baik berarti penurut dan selalu berusaha menyenangkan orang lain. Tetapi menunjukkan belas kasih kepada orang lain, bertutur kata baik, atau membantu seseorang bisa menjadi pertanda kekuatan. Menunjukkan kebaikan sering kali membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri. Sebab mereka tidak takut jika sewaktu-waktu mendapat penolakan. Karena orang yang kuat bersedia mengambil risiko dalam setiap aktivitasnya.

2. Berani mengubah pola pikir

Mengubah pola pikir tidak selalu berarti plin-plan dan mudah terpengaruh. Sebaliknya, ini mungkin menunjukkan bahwa dirimu terbuka untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan menerima ide-ide lain. Pola pikir yang terus berubah seirig bertambahnya usia menjadi bukti bahwa dirimu tumbuh dan belajar.

3. Berani mengakui kelemahan

perempuan tangguh
Ilustrasi/copyrightshutteratock/Dean Drobot

Ada perbedaan antara mengatakan kebenaran dan merendahkan diri sendiri. Mengakui bahwa dirimu buruk dalam menghadapi orang lain atau kesulitan mengatur diri mungkin menunjukkan bahwa dirimu cukup kuat untuk mengakui ketidaksempurnaan. Mengakui kelemahan juga dapat membantumu mengambil tindakan positif. Sebab, kamu dapat mengembangkan rencana untuk membantumu berhasil meskipun memiliki kekurangan.

4. Memliki kesabaran

Kesabaran sering disalahartikan dengan ketidakaktifan atau kurangnya ambisi. Tetapi untuk mencapai tujuan besar, seperti keluar dari hutang atau melakukan pola hidup sehat, dan masalah berat lainnya membutuhkan kesabaran. Perubahan nyata tidak terjadi dalam semalam dan melatih kesabaran yang dibutuhkan untuk menjadi lebih kuat.

5. Tak malu meminta bantuan

Mengatakan "Saya tidak bisa melakukan ini sendiri" adalah tindakan keberanian yang nyata. Entah dirimu meminta bantuan lebih banyak dari atasan atau menghubungi seorang profesional kesehatan mental, meminta bantuan membutuhkan kerendahan hati dan kekuatan karakter. Dan tak ada yang salah dengan itu.

6. Pandai mengendalikan emosi

karakter zodiak
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by hang niu on Unsplash

Salah satu hal yang penting dimiliki seseorang dengan mental yang kuat adalah kecerdasan emosi. Mereka tak mudah terbawa suasana, bertindak gegabah atau melakukan tindakan impulsif. Orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi biasanya menjadi orang yang sangat bijaksana dalam hidupnya.

7. Berani bilang ‘Tidak’

Orang yang bermental kuat tak takut dijauhi karena tak mampu memenuhi permintaan orang lain. Atau saat diminta melakukan seuatu yang dia tak kompeten dalam hal tersebut, dia tak ragu mengatakan bahwa dia tidak bisa. Orang seperti ini justru menunjukkan bahwa mereka sangat percaya diri dan tidak takut dicap sebagai orang yang lemah.

Selain itu, perempuan yang memiliki mental yang kuat juga memiliki beberapa sifat lainnya, seperti memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tak taku menangis, tak pernah mengeluh, tidak membuang-buang waktu dan mereka tidak fokus pada kekurangannya.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021