5 Cara Terbaik Menjaga Pernikahan dari Perceraian

Baiq Nurul Nahdiat17 Jun 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 10:15 WIB
couple-kezo

Fimela.com, Jakarta Pernikahan yang harmonis pun tak pernah luput dari konflik, bahkan hubungan yang terlihat baik-baik saja bisa berakhir pada perceraian. Memang banyak kemungkinan yang menyebabkannya, karena faktor komunikasi yang tidak baik, masalah ekonomi atau mungkin tak ada keintiman dalam pernikahan. Agar terhindar dari perceraian, inilah beberapa hal yang harus dihindari dalam pernikahan.

1. Jangan saling menyalahkan

Semua orang melakukan kesalahan dan semua pasangan juga bertengkar, tetapi jangan jadikan bertegkar sebagai sarana untuk adu argumen dan saling menyalahkan. Tetap lakukan pertengkaran secara sehat dengan tujuan untuk menemukan solusi. Sehingga, walau pun terjadi konflik, hubungan yang terjalin tetap berkualitas.

2. Saling mendengarkan satu sama lain

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ini sebenarnya juga merupakan bagian dari menjaga komunikasi, karena dalam keadaan marah pasangan mungkin akan bertindak emosi dan enggan mendengarkan yang lainnya. Jadi, saat berbicara dengarkan apa yang menjadi keluh kesah pasangan dan pahami mereka, begitu juga sebaliknya. Ini juga mengajarkan pasangan untuk bisa menghargai satu sama lain.

3. Berkompromi satu sama lain

Ingatlah bahwa dalam hubungan, kamu dan pasangan adalah satu tim yang berada dalam kubu yang sama. Jadi, tak boleh ada yang mendominiasi atau ingin menang dalam hubungan. Putuskan segala sesuatu dengan melibatkan pasangan, salung bertukar ide dan terima masukan satu sama lain. Ini adalah cara berkompromi yang baik.

4. Belajar memaafkan dan melupakan

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Dragon Images

Melupakan mungkin sulit tapi tak ada yang mustahil dengan memaafkan. Jika sudah menikah, jangan biasakan diri menyimpan dendam pada pasangan. Saat ada masalah maka selesaikan hari itu juga, dan jangan biarkan berlarut-larut. Utarakan hal yang tak kamu sukai dan yang kamu inginkan dalam hubungan, begitu juga sebaliknya. Dan sempatkan sebelum tidur untuk memaafkan satu sama lain dan berusaha tak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Introspeksi

Semua orang punya kekurangan dan kelebihan dalam diri masing-masing. Untuk menjaga kestabilan rumah tangga, dirimu dan pasangan harus lebih sering melakukan introspeksi diri dengan melakukan evaluasi atau obrolan mendalam. Ketahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan masing-masing dan itu akan menjaga kalian tetap berpikir positif dan obyektif.

Demikianlah ulasan tentang beberapa tips menghindarkan pernikahan dari perceraian. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓