5 Alasan Menyakitkan Seseorang Bertahan dalam Toxic Relationship

Febi Anindya Kirana20 Jun 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 07:15 WIB
pasangan selingkuh mantan

Fimela.com, Jakarta Bertahan menjalani hubungan cinta beracun memang seringkali tak masuk akal di pikiran orang lain. Namun bagi yang menjalaninya, mungkin tak merasa ada yang salah dengan caranya bertahan.

Banyak orang mungkin penasaran mengapa seseorang memilih bertahan dengan toxic relationship daripada keluar dari hubungan tersebut? Ternyata penelitian menemukan bahwa sekian alasan ini yang menjadi dasar mengapa seseorang bertahan.

1. Takut kesepian

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa rasa takut sendirian dan kesepian adalah alasan utama seseorang bertahan dalam hubungan cinta yang tak sehat. Anggapan negatif di masyarakat tentang menjadi lajang atau janda juga bisa menguatkan rasa takut seseorang untuk keluar dari toxic relationship tersebut.

2. Tidak punya rasa percaya diri

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan The Society for Personality and Social Psychology juga menemukan bahwa orang-orang yang cenderung minder juga rentan memilih bertahan dalam hubungan tak sehat meskipun perlakuan pasangan tak baik padanya.

3. Merasa kesalahan pasangan disebabkan olehnya

cinta ibu yang menemani
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/vipubadee

Orang-orang yang mudah merasa bersalah atau bertanggung jawab atas kesalahan pasangannya juga cenderung terjebak sebagai korban dalam toxic relationship. Pasangan toxic biasanya akan sengaja playing victim, kemudian memutar balikkan kesalahannya sebagai kesalahan pasangannya.

4. Percaya semuanya akan berubah

Orang-orang yang berpikir bahwa segalanya akan berubah menjadi lebih baik atau berencana mengubah pasangannya dalam sebuah hubungan juga hanya akan berakhir jalan di tempat, menerima semua perlakuan buruk dengan modal keyakinan, semua akan berubah pada waktunya.

5. Takut penolakan

Dilansir dari Verywellmind, orang-orang yang takut akan penolakan juga mudah terjebak dengan hubungan cinta tak sehat karena ia takut jika ia melepaskan apa yang dimiliki saat ini, ia tak akan bisa mendapatkan cinta itu lagi. Ia terjebak dalam "zona nyaman" yang sebenarnya justru menyiksanya.

Itu dia sekian alasan yang ternyata membuat seseorang bertahan dalam toxic relationship.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela