Sukses

Lifestyle

6 Hal tidak Biasa yang Menandakan Kamu Dehidrasi

Fimela.com, Jakarta Dehidrasi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun yang berarti kehilangan 1% sampai 2% dari air tubuh, benar-benar bisa menghambat fungsi harian tubuh.

Sayangnya, gejala dehidrasi tidak mudah dikenali. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa hal tidak biasa yang menandakan kamu sedang dehidrasi.

1. Napas bau atau mulut kering

Walaupun bukan jaminan, bau mulut tidak selalu berarti dehidrasi, tapi bisa menjadi salah satu pertanda. Ada mekanisme mendasar yang menghubungkan hidrasi yang tidak memadai dan bau napas kurang menyenangkan.

Saat kamu mengalami dehidrasi, kamu tidak menghasilkan banyak air liur, yang membantu memecah makanan dan membilasnya dari mulut. Berkurangnya aktivitas ini memungkinkan bakteri tumbuh yang menyebabkan bau mulut.

Mulut kering juga bisa menjadi tanda potensial dehidrasi, walaupun tidak selalu. Jadi, saat mulut sering terasa lengket atau kering, atau kamu terus menerus merasa haus, ada baiknya periksakan diri ke dokter.

2. Kejang otot atau kram

Salah satu alasan dari kram otot saat olahraga adalah dehidrasi dan penipisan elektrolit, yang berarti tubuh tidak memiliki cukup mineral penting, seperti natrium dan kalium. Mineral tersebut membantu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh dan juga mengontrol fungsi sistem saraf.

 

 

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda yang sangat umum dari dehidrasi ringan hingga sedang, dapat ditoleransi atau intens. Dehidrasi juga dapat memicu episode migrain, di mana dehidrasi sebenarnya bisa mengecilkan jaringan otak untuk sementara, dan penyusutan ini bisa menyebabkan rasa sakit.

4. Kencing berwarna gelap

Salah satu cara profesional kesehatan mendiagnosis dehidrasi adalah dengan menguji urin untuk melihat apakah terlalu pekat. Jika warnanya kuning pucat, kamu terhidrasi dengan baik, tapi jika warnanya kuning lebih gelap, berarti kamu mungkin dehidrasi.

5. Lapar

Isyarat haus dan lapar datang dari hipotalamus yang merupakan wilayah otak yang mengontrol fungsi-fungsi, seperti suhu tubuh. Jadi, jika kamu merasa lapar setelah makan, mungkin itu adalah pertanda kamu dehidrasi.

6. Lelah

Tetap terhidrasi adalah cara penting untuk mempertahankan energi sepanjang hari. Hidrasi membantu tubuh mengirimkan nutrisi penting ke sel-sel tubuh, membuat organ melakukan apa yang benar-benar perlu dilakukan.

Tidak mendapatkan cukup air untuk melakukan fungsi-fungsi ini bisa membuatmu merasa kurang berenergi. Selain itu, hidrasi juga bisa berdampak langsung pada kualitas tidur.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading