5 Bahayanya Terlalu Cepat Jatuh Cinta dengan Kenalan di Dunia Maya

Endah Wijayanti18 Jun 2021, 12:08 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 12:08 WIB
rindu saat berjarak

Fimela.com, Jakarta Seorang teman menceritakan pengalamannya yang kurang mengenakkan saat ketemuan dengan kenalan dari aplikasi kencan. Saat bertemu dengan pria kenalan barunya itu, dia merasa tak nyaman. Alasannya karena pria tersebut terlalu mendominasi dalam berkomunikasi, padahal komunikasi yang baik menjadi alasan penting untuk membangun sebuah hubungan. Tak ingin berlarut-larut dalam drama, setelah pertemuan itu terjadi, kontak pun tak dilanjutkan lagi.

Mencari kenalan atau bahkan pasangan saat ini bisa dilakukan melalui dunia maya. Ada sejumlah aplikasi kencan yang bisa dicoba untuk memperluas jejaring. Cuma satu hal yang memang perlu dipahami adalah penting untuk tidak terlalu cepat jatuh cinta pada kenalan di dunia maya, apalagi kalau belum ketemuan atau bertatap muka langsung.

1. Meningkatkan Stres 

Terlalu cepat jatuh cinta pada seseorang yang belum pernah ditemui langsung, maka hari-hari bisa dibayangi oleh berbagai macam imajinasi tentang sosoknya. Kita terus mereka-reka seperti apa sosoknya. Bahkan terus membayangkan hubungan yang akan terjalin bersamanya ke depannya nanti. Bila hal ini berlanjut, yang terjadi adalah kita akan makin stres sendiri. Kita sibuk sendiri membayangkan berbagai macam skenario hasil karangan kita sendiri yang mungkin tak akan pernah terjadi di dunia maya.

2. Meningkatkan Risiko Dikecewakan

Yang ditampilkan seseorang di dunia maya tak lain adalah persona yang paling ia suka. Tiap individu pastinya tidak ada yang sempurna. Sehingga yang ditampilkan di profil aplikasi kencan pun adalah hal-hal yang sekiranya bisa menampilkan kelebihannya. Sebelum bertemu dan berkomunikasi langsung dengan seseorang, jangan buru-buru menaruh hati padanya. Sebab kita akan makin berisiko merasakan kecewa yang sangat dalam jika ternyata ada sisi lain dari dirinya yang tak kita sukai.

3. Makin Rentan Kehilangan Akal Sehat

hubungan jarak jauh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/theshotsco

Terlalu cepat atau terlalu terburu-buru jatuh cinta pada seseorang bisa membuat kita kehilangan akal sehat. Kita mengubah beberapa hal atau aspek dari diri kita supaya sekiranya bisa diterima oleh standarnya. Padahal kita belum tahu persis sosoknya seperti apa. Kita jadi terobsesi untuk melakukan hal-hal yang bisa membuatnya terkesan, meski hal-hal tersebut jauh dari jati diri kita yang sesungguhnya.

4. Berisiko Mengalami Patah Hati yang Dalam

Saat berkenalan dengan seseorang yang baru di dunia maya, penting untuk tetap menjaga ekspektasis kita. Kalau sudah terlalu terobsesi dengannya dan jatuh cinta begitu saja padanya, kita bisa berisiko mengalami patah hati yang dalam. Sebab risiko menjadi korban ghosting sangatlah besar. Seseorang yang kamu rasa sudah kamu kenal dengan baik di dunia maya  bisa tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Kalau ini yang terjadi, bersiaplah menghadapi patah hati yang begitu pahit.

5. Melupakan Prioritas Hidup yang Lebih Penting

Terlalu terobsesi dengan kenalan baru di dunia maya bisa membuat kita melupakan hal-hal atau prioritas-prioritas lain yang lebih penting di dunia nyata. Saat kita sudah dikuasai oleh perasaan jatuh cinta berlebihan pada seseorang yang belum kita temui di dunia nyata, kita bisa menghabiskan sebagian besar waktu untuk terus membayangkan dan mengkhayalkan sosoknya. Bila hal ini terus berlanjut, kita bisa kesulitan fokus untuk mengurus hal-hal yang sebenarnya lebih penting di dunia nyata.

Bagi yang saat ini sedang mencari pasangan atau kenalan baru di dunia nyata, tetap utamakan keamanan dan kenyamanan, ya. Jaga ekspektasi serta jaga hati. Semoga ke depannya kamu bisa segera menemukan yang ingin kamu temukan dengan cerita yang paling indah.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela