Tak Hanya Usia, Ini Tanda Dirimu Sudah Siap Menikah

Baiq Nurul Nahdiat18 Jun 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 16:05 WIB
menikah

Fimela.com, Jakarta Menikah tak hanya butuh cinta, tetapi juga harus ada kesiapan. Kesiapan ini pun ada banyak, ada kesiapan mental, fisik, mau pun finansial. Tetapi bagi orang yang sudah siap menikah itu bisa dilihat dari tanda-tandanya. Apa saja tanda-tandanya? Ini dia ulasannya.

1. Kamu mencintai diri sendiri

Kamu tidak bisa bahagia dengan orang lain sampai 100 persen bahagia dengan diri sendiri. Tentu, kamu dapat meminta dukungan pasangan saat sedang dalam masalah, tetapi seperti yang dikatakan pakar pernikahan Lesli Doares, "Menikah adalah tentang menyatukan dua kehidupan, bukan menyerah. Jangan mencari pasangan hanya untuk mengisi kekosongan.

2. Tidak mencari orang yang lebih baik lagi

Couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/interstid

Ini ditandai dengan keyakinanmu pada seseorang dan merasa cukup dengannya. Kamu tahu tak ada orang yang sempurna, dan akan selalu ada orang yang lebih baik dari pasanganmu. Tetapi, merasa cukup dengan apa yang kamu miliki dan bahagi bersamanya adalah tanda bahwa kamu memiliki kedewasaan.

3. Bisa mengendalikan emosi

Permasalahan dalam pernikahan tentu akan lebih beragam daripada saat lajang, dan dibutuhkan orang yang matang secara emosi. Jika kamu tak mudah tersulut dengan sesuatu, bisa menjaga sikap atau perkataan saat marah dan tak mudah baperan. Sebagian besar hal ini menandakan bahwa dirimu sudah matang secara emosi.

4. Bijak mengelola keuangan

tabungan bersama pasangan
Ilustrasi/copyright shutterstock/Dragon Images

Mengelola keuangan tak hanya sebatas bagimana mengatur pengeluaran, tetapi juga bagaimana menyiapkan dana darurat saat ada pengeluaran tak terencana, apakah nanti akan menyatukan rekening bersama pasangan atau tidak, dan bagaimana membagi keuangan dengan pasangan. Ini adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki orang-orang yang akan menikah.

5. Tidak egois

Selalu ingat bahwa dalam pernikahan, dirimu dan pasangan berada dalam satu tim, jadi tak boleh ada yang mendominasi atau ingin menang dalam hubungan. Kalian sebagai tim harus bisa bekerja sama dan saling menguatkan satu sama lain. Jadi tak ada yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan tujuannya sendiri.

Beberapa tanda lain dari orang yang sudah siap menikah antara lain; dia bisa membedakan cinta yang semu dan mendalam, memiliki kesiapan mental, fisik yang sehat, bisa memimpin orang lain, bisa mengatur waktu dan tak mengambil keputusan berdasarkan perasaan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓