Sukses

Lifestyle

Bukan Sebatas Harta atau Rumah, Punya Satu Hal Inilah yang Bisa Membuatmu Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Wajar jika kita semua ingin kaya. Sungguh hal yang lumrah jika kita ingin punya banyak uang. Bukanlah sesuatu yang muluk-muluk jika kita ingin punya rumah sendiri. Setiap pencapaian bisa membuat kita bahagia, tapi tahukah bahwa untuk bahagia ada satu hal penting yang perlu dimiliki?

Bukan sebatas harta atau kepemilikan properti tertentu yang membuat kita bahagia. Mengutip buku Psychology of Money, kebahagiaan adalah subjek rumit karena semua orang berbeda. Namun, jika ada kesamaan umum di kebahagiaan (bahan kebahagiaan universal), itu adalah bahwa orang ingin memegang kendali atas hidupnya. Ya, kendali atas hidup. Ini hal yang penting yang perlu kita pahami dengan baik.

Memiliki Kendali atas Hidup

Punya kemampuan untuk berbuat apa yang kita inginkan, kapan pun kita mau, dengan siapa pun yang kita kehendaki, selama yang kita bisa, itulah hal yang pada dasarnya bisa membuat kita bahagia. Punya kendali atas hidup adalah sesuatu yang tak ternilai.

Ada orang yang punya banyak uang dan harta tapi tak kunjung bahagia. Hal ini bisa jadi karena kepemilikan uang dan harta itu membuatnya dilanda banyak kecemasan baru. Seperti cemas akan kehilangan uang atau takut hartanya akan diambil orang. Bukannya kebahagiaan yang didapat, tapi malah kegelisahan yang membuatnya makin merana.

Ada yang punya jabatan atau posisi kerja tinggi tapi tak bahagia juga. Sebab di setiap jabatan yang lebih tinggi ada tuntutan dan tekanan yang lebih berat. Ada tanggung jawab lebih besar yang diemban. Sehingga ada banyak hal yang harus dikompromikan dan diprioritaskan lagi, dan ini bisa membuat kita makin stre.

Ada yang sudah punya pasangan tapi juga tak kunjung bahagia. Situasi ini bisa terjadi jika kita merasa kehadiran pasangan membatasi gerak kita dan membuat kita kehilangan kendali diri kita. Permasalahan hidup pun jadi makin bertambah.

Punya kendali atas hidup, kemampuan ini penting dimiliki untuk bisa mencapai kebahagiaan yang kita punya. Namun, tentu saja kendali kita dalam hidup ini terbatas. Sehingga perlu menyadari bahwa ada hal-hal yang memang di luar kuasa kita, dan ada hal-hal yang masih bisa kita kendalikan untuk hidup yang lebih baik. Jadi, fokus saja melakukan hal-hal yang terbaik yang ada dalam kendali diri kita untuk mendapatkan hidup yang lebih nyaman dan tenang.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading