Dukung Suara Korban Pelecehan Seksual, LBH APIK Membuka Posko Aduan

Ayu Puji Lestari21 Jun 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 09:42 WIB
Kekerasan Secara Seksual

Fimela.com, Jakarta Sejak utas yang dibuat akun twitter @quweenjojo pada 9 Juni lalu, tentang pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh GH viral. Berbagai dukungan untuk mengawal kasus ini pun berdatangan, termasuk dari LBH APIK Jakarta dan SAFEnet.

Keberanian pemilik akun Twitter @quweenjojo dalam menceritakan kekerasan seksual yang dialaminya dinilai membuat para korban lainnya ikut bersuara. LBH APIK Jakarta dan SAFEnet meyakini masih ada korban-korban kekerasan sekual GH yang ingin buka suara. Mengingat utas yang dibuat @quweenjojo justru berujung candaan seksis yang menambah trauma korban.

"Melihat bahwa kemungkinan masih ada korban-korban yang belum berani bersuara, LBH APIK Jakarta dan SAFEnet serta para korban yang bersolidaritas membuka posko pengaduan untuk korban-korban lain yang ingin bersuara," kutip FIMELA dari siaran pers dari LBH APIK (19/6).

LBH APIK Jakarta menjelaskan posko pengaduan GH ini dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan. Posko dibuka pada 18 Juni 2021.

Dukungan untuk Suara Korban Pelecehan Seksual

kekerasan seksual perempuan
ilustrasi kekerasan perempuan/copyright by Jacob Lund (Shutterstock)

Ketakutan untuk mengungkapkan kejadian pelecehan seksual yang dialami korban, seringkali menjadi kendala dalam membongkar kasus pelecehan seksual. Atau jika terjadi di ruang terbuka ia berlangsung secara spontan dan cepat sehingga korban kerap tidak bisa mempersiapkan diri untuk menyimpan barang buktinya.

Hingga berita ini diturunkan, berdasar siaran pers LBH APIK menyebutkan saat ini sudah ada 8 aduan terkait pelecehan seksual yang dilakukan GH. Untuk itu, posko aduan untuk korban yang ingin bersuara pun dibuat. Posko pengaduan GH dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, dan menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan.

Para korban yang pernah mengalami kekerasan seksual Gofar Hilman dapat menyampaikan aduan dengan menghubungi email aduankorban.gh@awaskbgo.id atau Instagram https://instagram.com/aduankorban.gh. LBH APIK Jakarta memastikan keamanan dan kerahasiaan identitas korban.

Mendengar suara korban pelecehan seksual adalah hal penting. Dengarkan, dan jauhkan dari sikap menghakimi korban. Berikan dukungan, dan lepaskan stigma negatif pada korban. Be kind, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021