Menurut Penelitian, Ini 5 Hal Hebat yang Bisa Terjadi di Usia 30-an

Endah Wijayanti21 Jun 2021, 12:35 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 12:35 WIB
perempuan dan di usia 30an

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki usia 30an, kadang kita dilanda banyak kegelisahan dan kecemasan. Begitu banyak tuntutan dan tekanan baru yang kita rasakan. Belum lagi dengan beban tanggung jawab baru yang harus diemban. Namun, tahukah bahwa ada banyak hal hebat baru yang bisa terjadi pada perempuan usian 30an?

Melansir laman flashpack.com, berdasarkan penelitian dan bukti ilmiah, ada sejumlah hal hebat yang dapat terjadi di usia 30an. Apa saja? Yuk, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Mencapai Puncak Kognitif

Kemampuan kita mengenali wajah mencapai puncaknya di usia 32 tahun. Selain itu, pada sebuah jurnal penelitian tahun 2011 ditemukan bahwa para grandmaster catur mencapai puncak kesuksesan di usia 31 tahun. Kemampuan menyelesaikan masakan, berpikir abstras, strategim dan tekad mencapai puncak terbaiknya di usia itu. Di usia 30an kita bisa mencapai puncak kognitif kita.

2. Lebih Bahagia dari Sebelumnya

Mengutip laman Huffingtonpost, sebuah penelitian menemukan bahwa orang baru merasa benar-benar bahagia di usia 33 tahun. Hal ini terjadi karena di usia tersebut, kita sudah bisa lebih menikmati masa kini dan tidak terlalu mencemaskan banyak hal lagi. Sekitar 70% orang yang disurvei dalam penelitian itu mencapai puncak kebahagiaan di usia 33 tahun, sementara 6% merasa paling bahagia saat berkuliah dan 16% saat masih kanak-kanak.

3. Memiliki Ikatan Persahabatan yang Lebih Kuat

sahabat
ilustrasi./Photo by José Luis Photographer from Pexels

Sebuah penelitian tahun 2015 di jurnal Psychology and Aging menemukan bahwa kita cenderung mengurangi jaringan sosial kita saat kita berusa 30 tahun ke atas, tapi persahabtan yang bertahan biasanya lebih berkualitas dan lebih awet. Menggunakan data dari penelitian selama 30 tahun, para peneliti mengungkapkan bahwa kita lebih mengutamakan teman-teman yang paling penting di usia 30an kita. Lingkaran pertemanan bergeser dari yang sekadar kuantitas menjadi kualitas.

4. Memiliki Kehidupan Seks yang Lebih Menggairahkan

Mengutip laman NY Post, ada penelitian yang menunjukkan bahwa usia 36 tahun ke atas adalah usia prima bagi perempuan untuk mendapatkan orgasme yang sempurna. Perempuan yang berusia di pertengahan 30an ke atas lebih menyukai klimaks yang lebih sering dan lebih memuaskan, serta merasa lebih percaya diri dengan tubuh mereka.

5. Mencapai Puncak Kecerdasan

Sebuah jurnal dari America’s National Bureau of Economic Research menunjukkan bahwa kejeniusan ilmiah mencapai puncaknya di pertengahan hingga akhir 30-an. Sebagian besar penemu dan ilmuwan terkenal mencapai terobosan kariernya di periode ini.

Usia 30an menjadi sebuah periode yang menawarkan banyak perjalanan dan perubahan baru. Tetap syukuri semua yang ada dan jalani hari-harimu dengan lebih bermakna di usia 30an ini, ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela