5 Alasan Tak Perlu Takut Menyambut dan Menjalani Usia 30-an

Endah Wijayanti21 Jun 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 13:45 WIB
perempuan dan menyambut usia 30an

Fimela.com, Jakarta Menjelang usia 30an, perempuan kadang dibayangi perasaan was-was. Begitu sampai dan menjalani usia 30an, seorang perempuan bisa merasa semakin tertekan dan terbebani. Menghadapi pertambahan usia memang tak mudah, apalagi ketika menyambut dan menjalani usia 30-an maka ada banyak hal yang semakin dipikirkan.

Tak perlu takut menyambut dan menjalani usia 30an. Baik yang belum menikah maupun belum menikah, sedang berkarier atau sedang memulai sesuatu dari nol, hingga yang sedang menjalani sebuah pilihan baru dalam hidup, di usia 30an ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Tak perlu merasa cemas berlebihan atau takut berlebihan saat menjalaninya.

1. Selalu Ada Jalan Keluar untuk Setiap Masalah

I’m turning thirty this year. And you know the saying, a woman over thirty is more likely to get hit by a bomb than find a man. -Fanny Fink

Masalah memang akan datang dan menyapa silih berganti. Hidup kita pun mungkin tak selalu mudah untuk dijalani. Meskipun begitu, kita akan makin menyadari bahwa ada jalan keluar dari setiap masalah yang ada. Selalu ada solusi dan jawaban untuk berbagai hal meski perjalanan dan perjuangannya mungkin tidak mudah. 

2. Kekuatan Baru akan Muncul setelah Mengalami Kesulitan

Thirty was so strange for me. I’ve really had to come to terms with the fact that I am now a walking and talking adult. -C.S. Lewis

Mencapai usia 30an, kita akan merasa "aneh". Kita masih orang yang sama tapi ada yang mulai berbeda dari cara kita berpikir dan berbicara. Kita masih orang yang sama tapi sebenarnya sudah ada banyak perubahan yang terjadi di hidup kita. Serta, seiring bertambahnya usia kita akan makin menyadari bahwa ada kekuatan baru yang kita miliki setiap kali berhasil mengatasi atau melewati kesulitan.

3. Kesempatan untuk Memulai Hal Baru Selalu Terbuka Lebar

perempuan dan di usia 30an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tirachard

Selalu ada kesempatan untuk memulai hal baru. Memulai hubungan baru. Memulai cinta yang baru. Memulai pekerjaan atau karier di bidang baru. Serta banyak hal lainnya yang bisa dicoba. Di usia 30an, ada banyak hal baru yang masih bisa dicoba. Berbagai kesempatan baru bisa dipilih. Tak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu dari nol lagi.

4. Muncul Lebih Banyak Rasa Syukur Atas Semua Hal yang Ada

I remember the day I turned thirty. I was getting out of the shower and I stood in front of the mirror and stared at myself for a long time. I examined every inch of my body and appreciated the fact that I finally looked like a grown woman. I also assumed that this was how I was going to look for the rest of my life. The way I saw it, I was never going to age; I’d just look up one day and be old. -Terry MacMillan

Bisa jadi keriput di wajah semakin kentara. Kondisi tubuh lebih mudah capek dan lelah dari biasanya. Meskipun begitu, ada lebih banyak rasa syukur yang bisa kita rasakan. Kita akan lebih menghargai hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Lebih tenang dalam menjalani hidup dengan penuh makna. 

5.Ada Hati yang Lebih Bijaksana dalam Menerima Realitas yang Ada

Hatimu bisa bertumbuh dan lebih lapang. Ada hati yang lebih bijaksana yang bisa kamu miliki. Khususnya ketika menghadapi realitas yang ada. Tidak semua hal berjalan sesuai keinginan dan harapan, tapi kamu bisa lebih ikhlas dalam menjalani semua yang ada dan bisa kamu dapatkan.

Menyambut dan menjalani usia 30an mungkin tak selalu diwarnai dengan pelangi. Justru mungkin akan ada badai besar yang harus dihadapi seorang diri dalam perjalanannya. Namun, tetap saja hidup ini masih layak untuk diperjangkan dan masih ada banyak hal yang bisa disyukuri dalam setiap pertambahan usia kita.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela