Menurut Penelitian, Cara Ini Bisa Efektif Sembuhkan Diri dari Patah Hati

Endah Wijayanti22 Jun 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 11:15 WIB
dampak patah hati 3

Fimela.com, Jakarta Memulihkan dan menyembuhkan diri dari patah hati tak pernah mudah. Butuh proses yang bisa cukup panjang bagi seseorang untuk benar-benar pulih dari luka patah hati. Bahkan ada yang butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk bisa kembali membuka lembaran baru setelah mengalami pahitnya patah hati.

Meski sulit, tapi bukan berarti kita harus selamanya tenggelam dalam kesedihan patah hati. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk membantu memulihkan dan menyembuhkan diri dari patah hati. Salah satunya adalah mengalihkan perhatian.

Sebuah Penelitian Menarik

Melansir laman psynet.apa.org, dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, para ilmuwan menguji serangkaikan strategi kognitif untuk membantu sekelompok orang patah hati untuk menyembuhkan lukanya. Mengingat-ingat kekurangan-kekurangan mantan kekasih bisa menjadi sebuah pendekatan untuk melunturkan respons emosional di antara para partisipan. Namun, hal ini bisa makin membuat mereka bersedih.

Mengalihkan perhatian bisa menjadi sebuah cara untuk membangkitkan semangat. Menyibukkan diri melakukan sesuatu bisa memudahkanmu pulih dan sembuh dari patah hati.

Mengalihkan Perhatian Bisa Menjadi Salah Satu Cara yang Bisa Dipilih

Terhindar Dari Bahaya Patah Hati
Ilustrasi./Credit: pexels.com/RaduFlorin

Daripada terus tenggelam dalam kesedihan atau berlarut-larut meratapi diri sendiri, mending cari pengalih perhatian. Cobalah untuk menyibukkan diri. Lakukan sesuatu yang bisa sekiranya menyita waktumu selama beberapa waktu.

Mungkin kesannya seperti melarikan diri dari keadaan. Namun, daripada hanya terus bersedih dan makin susah move on, mending kerahkan energi dan waktu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Kita bisa memulai sesuatu atau kegiatan yang paling mudah untuk dilakukan. Misalnya, melakukan olahraga seperti pilates, yoga, atau olahraga lari. Aktivitas lain yang bisa dicoba, antara lain bergabung menjadi anggota sukarelawan atau memelajari hal baru.

Menenggelamkan diri dalam pekerjaan juga bisa menjadi salah satu bentuk pengalihan. Tak heran seseorang yang baru patah hati bisa bekerja lebih gila-gilan dari biasanya demi bisa segera melupakan rasa sakit hati atau pengalaman patah hatinya. Namun, kondisi tubuh dan kesehatan tetaplah menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓