Cara Mencegah Masuk Angin secara Alami dengan Obat Herbal

Imelda Rahma22 Jun 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 18:35 WIB
Sakit Demam

Masuk angin mungkin bukan istilah kedokteran. Meskipun begitu, gangguan penyakit ini kerap dirasakan banyak orang. Apa lagi belakangan ini hampir setiap hari hujan.

Cuaca seperti ini kadang bikin kamu jadi gampang sakit. Flu, pilek, dan batuk kalau nggak cepat diobati bisa bikin kondisi kesehatan menurun. Sehingga, virus dan penyakit lain juga bisa gampang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya, sakit karena cuaca buruk nggak cuma flu dan batuk. Tapi juga masuk angin yang ditandai dengan nggak enak badan, kembung, serta pusing. 

Untuk mengusir masuk angin, banyak orang yang mengonsumsi 'obat warung.' Selain murah, juga mudah untuk didapat. Tapi, jangan keseringan, lho! Soalnya obat ini berbahan kimiawi yang nggak baik untuk tubuh. Lebih baik kamu minum obat herbal yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas cara mencegah masuk angin secara alami dengan obar herbal. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Air Rebusan Bawang Merah dan Daun Halba

Air Rebusan Bawang Merah
Ilustrasi Bawang Merah Credit: pexels.com/Bob

Dilansir dari berbagai sumber, bawang merah yang direbus memiliki banyak khasiat. Apa lagi air rebusan bawang merah. Air rebusan bawang merah ini mampu membunuh banyak kuman dan juga bakteri, bahkan virus yang menyebabkan sistem imunmu melemang. 

Untuk mengusir kembung dan masuk angin, ambil air perasan bawang merah dan campurkan dengan air rebusan daun halba. Mungkin, daun halba sulit untuk kamu dapatkan. Tapi, kamu mungkin masih bisa mencarinya di berbagai toko herbal terdekat. 

Air Jahe

Air Jahe
Ilustrasi Jahe Credit: pexels.com/Milli

Air jahe juga baik untuk memulihkan tenggorokan yang perih karena panas dalam. Selain itu, air jahe juga baik untuk menurunkan demam, menghangatkan perut, dan mengusir flu serta sakit kepala.

Bawang Merah Bakar dan Susu

Bawang Merah Bakar dan Susu
Ilustrasi Bawang Merah Bakar Credit: pexels.com/Giovani

Bawang merah tidak harus selalu direbus untuk membuat obat masuk angin. Kamu juga bisa membakarnya bersama 10 gram jahe. Kemudian, tumbuk bawang dan jahe bersamaan hingga halus. Sesudah itu, campurkan dengan susu murni yang sudah dimasak. Minum selagi hangat sebelum tidur.

Teh Serai Madu

Resep Teh Serai Madu Penghalau Masuk Angin
Ilustrasi Teh Serai Madu Credit: pexels.com/Mareefe

Udara dingin membuat kita gampang masuk angin. Salah satu cara agar tubuh tetap fit dan tidak gampang masuk angin adalah menikmati minuman hangat. Seperti teh serai madu berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • 1 sdm serbuk teh
  • 1 batang serai, digeprek bonggolnya
  • 2 sdm madu500 ml air
  • air perasan jeruk nipis sesuai selera

Cara Membuat Teh Serai Madu:

  1. Rebus teh dengan air sampai hampir mendidih.
  2. Masukkan serai, rebus sampai mendidih.
  3. Tuang dalam gelas dan saring tehnya.
  4. Beri madu dan air perasan jeruk nipis sesuai selera.
  5. Teh serai madu bisa dinikmati selagi hangat.

Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021