Terlihat Sepele tapi Pengeluaran Kecil Ini Bikin Uang Cepat Habis

Baiq Nurul Nahdiat23 Jun 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 12:52 WIB
perempuan teman

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menyepelakan pengeluaran-pengeluaran kecil yang tak terasa menghabiskan banyak uang, sehingga mereka tak mencatat atau mengalokasikan anggaran untuk ini. Padahal, jika dikalkulasikan perbulannya, pengeluaran kecil ini justru bisa memakan biaya cukup banyak. Dan inilah beberapa pengeluaran kecil yang bikin uang cepat habis.

1. Membeli kopi atau jajan yang lainnya

Ini mungkin tak terlihat terlalu banyak menghabiskan uang, tetapi jika dirimu terbiasa membeli kopi, minuman kemasan serta makanan ringan lainnya, coba kalkulasikan berapa biaya yang dikeluarkan setiap harinya. Agar bisa berhemat, sebaiknya bawalah botol minum dari rumah dan uangnya bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya.

2. Paket internet

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok, karena hampir semua orang saat ini bekerja menggunakan jaringan internet. Bahkan, untuk browsing atau sekadar mencari hiburan pun semuanya menggunakan internet. Jadi penting untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, jangan biarkan internet terus menyala saat tak terpakai dan batasi penggunaan alat elektronik. Ini berguna agar paket internet tak cepat habis.

3. Makan di luar

Biasanya saat istirahat bekerja atau saat bepergian seseorang akan lebih suka makan di luar sambil hang out dengan teman-temannya. Jika dilakukan sesekali memang tak masalah, tetapi bayangkan jika ini dilakukan setiap hari, ini bisa saja mengganggu kondisi finansial seseorang. Jadi, sebaiknya biasakan untuk membawa bekal dari rumah agar bisa lebih mengirit pengeluaran.

4. Belanja online

Menghitung Hari Menuju Lazada 12.12, Mari Belanja Online Yuk, Bund!
(c) Shutterstock

Belanja online adalah salah satu hal yang bisa menjebak yang membuat kita merasa tak pernah mengeluarkan uang sama sekali, apalagi dengan adanya kemudahan dompet digital. Kamu mungkin tak menghitung berapa biaya admin yang dikeluarkan setiap kali transasksi. Jika untuk kebutuhan pokok ini memang tak masalah, tetapi jika menjadi kebiasaan, bahkan untuk membeli barang-barang yang tak diperlukan sebaiknya kebiasaan ini harus kamu hentikan.

5. Biaya nongkrong dengan teman-teman

Saat ini, nongkrong atau ngopi bersama teman-teman sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Namun, tanpa disadari ini juga butuh biaya yang banyak. Jika dilakukan sesekali memang tak akan berdampak, tetapi jika dalam seminggu dilakukan 3-4 kali mungkin ini bisa membuat kondisi finasialmu memburuk karena uang yang cepat habis.

Sebenarnya, beberapa hal di atas tak salah untuk dilakukan, tetapi sebaiknya buat anggaran perbulannya untuk itu dan catat setiap biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengatur keuanganmu dan kamu tak akan merasa bingung karena uang yang cepat habis tetapi tak tahu digunakan untuk apa.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓