Sukses

Lifestyle

Waspadai 5 Tanda Tubuh Kebanyakan Zat Gula, Kulit Kering, Susah Fokus

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menyukai makanan manis, mulai dari kue, soda, es krim, hingga minuman kemasan. Namun kelebihan zat gula pada tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan. Dr. Frank Hu, profesor nutrisi di Harvard TH, mengungkapkan kelebihan zat gula bisa berisiko kematian akibat penyakit jantung.

"Dampak kelebihan gula pada obesitas dan diabetes didokumentasikan dengan baik, tetapi satu area yang mungkin mengejutkan banyak pria adalah bagaimana selera gula mereka dapat berdampak serius pada kesehatan jantung mereka," kata Hu, dikutip dari Health Harvard Edu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 diĀ  JAMA Internal Medicine, para peneliti menemukan hubungan antara diet tinggi gula dan risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih besar.

Selama studi 15 tahun, orang yang mendapat 17% hingga 21% kalori dari gula tambahan memiliki risiko 38% lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 8% kalori sebagai gula tambahan.

Lalu bagaimana cara mengukur apakah asupan gula dalam tubuh kita? Ada beberapa tanda-tanda khusus yang menandakan tubuh telah kelebihan zat gula, dikutip dari Health Support, berikut ini selengkapnya.

1. Terus-menerus haus

Kecuali jika hari itu benar-benar hari yang panas. Meskipun kamu telah banyak meminum air, kamu tetap merasa haus. Nah, ini bisa menjadi pertanda zat gula yang berlebih pada tubuh.

Ā 

2. Selalu mencari minuman dan makanan manis

Gula memiliki zat adiktif. Sebab, gulaĀ  merangsang produksi dopamin sebagai hormon yang membuat bahagia. Semakin banyak kamu mengonsumsi gula, maka semakin sering pula kamu ingin menyantapnya.

Jika keinginan itu terus muncul tak terbendung, maka kamu harus waspada. Kurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Ā 

Ā 

3. Kenaikan berat badan

Ketika kamu sudah menjaga pola makan, namun pakaian terus terasa menyempit bisa menjadi pertanda tubuh kelebihan asupan gula.

Gula lebih mudah menaikkan berat badan ketimbang lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, batasilah asupan gula di tubuhmu. Kurangi gila pada teh dan kopi yang kamu konsumsi. Hindari pula terlalu banyak minum soda.

4. Kulit menjadi kering

Alarm tubuh lainnya yang menandakan kelebihan zat gula adalah kulit yang menjadi kering. Pasalnya, banyaknya zat gula pada aliran darah bisa menganggu produksi kolagen, yaitu protein yang bertugas menjaga kekenyalan kulit.

Ketika kamu mengonsumsi banyak zat gula, maka tak heran jika kulit akan menjadi kusam, kering, dan bersisik. Namun jangan khawatir, dengan langkah mengurangi asupan gula, banyak minum air mineral, dan diimbangi dengan pola makan yang sehat, kulitmu akan kembali sehat dan glowing.

5. Malas dan kurang fokus

Kelebihan gula akan membuat organ tubuh, terutama otak menyerap glukosa. Akibatnya kemampuan otak akan menurun.

Kamu akan mudah merasa lelah, lesu, malas, dan tidak fokus. Kamu juga akan merasakan kantuk yang hebat. Jika kamu mulai merasakan tanda-tanda ini, segera batasi asupan gulamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading