Sukses

Lifestyle

11 Alasan Puting Payudara Terasa Gatal secara Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan mungkin pernah mengeluhkan merasa gatal di bagian puting payudara. Umumnya puting payudara tidak akan terasa gatal namun ada beberapa alasan kesehatan mengapa bagian sensitif ini terasa gatal. Ini sekian alasannya dilansir dari WebMD.

1. Cuaca kering

Udara yang kering bukan hanya membuat kulit tubuh kering, pecah-pecah dan gatal-gatal, tapi juga membuat kulit di area puting ikutan gatal. Jaga kondisi kulit area ini basah atau oleskan pelembap.

2. Eksema

Kondisi kulit eksema juga bisa menyerang puting payudara sehingga membuat kulit di area ini memerah, kasar, mengelupas dan gatal-gatal.

3. Bahan kimia

Puting payudara gatal juga bisa disebabkan oleh tidak cocok sabun mandi, lotion atau deterjen untuk mencuci baju. Coba ganti produk perawatan kulitmu jika ini masalahnya.

4. Kain bra yang tak nyaman

Alasan ini juga sering membuat puting payudara gatal karena kainnya memberikan gesekan yang menyebabkan inflamasi atau peradangan.

5. Hamil

Puting payudara yang akan gatal karena payudara mengalami perubahan ukuran, kenaikan berat badan atau hormon. Hal ini sangat wajar, berikan lotion atau minyak kelapa untuk mengatasinya.

6. Menyusui

Puting payudara juga akan terasa gatal karena efek menyusui. Entah sisa asi atau kulit yang kering, bisa menyebabkan puting terasa tidak nyaman.

7. Infeksi

Terkadang infeksi jamur tertentu juga bisa menyebabkan puting gatal. Bisa jadi karena efek menyusui atau kurang bersihnya menjaga kebersihan tubuh.

8. Terluka

Jika sering mengalami gesekan dengan kain baju yang tidak nyaman, kulit tipis puting juga bisa terluka dan ini menyebabkan gatal. Kenakan baju yang nyaman sehingga tidak menimbulkan gesekan yang menyebabkan luka.

9. Radiasi

Perawatan sinar kemoterapi untuk kanker payudara atau laser bisa menyebabkan puting payudara gatal. Radiasi membunuh sel-sel kulit terluar dan ini bisa menyebabkan kulit kering dan gatal.

10. Tumor

Tumor payudara juga bisa menyebabkan puting terasa gatal. Jangan abaikan jika terasa adanya benjolan di area payudara yang menyebabkan puting gatal.

11. Menopause

Perempuan yang mengalami menopause juga akan mengalami perubahan hormon, dan hal ini bisa mempengaruhi banyak hal termasuk munculnya rasa gatal di puting payudara.

Itu dia sekian alasan puting payudara gatal secara kesehatan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading