Sukses

Lifestyle

Nggak Sulit Kok Peduli Pada Bumi, Awali dengan Langkah Sederhana Ini

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang peduli pada bumi harus dilakukan dengan menjadi aktivis dulu? Bumi sedang tidak baik-baik saja, jadi butuh lebih banyak orang untuk merawat dan memperhatikannya. Saatnya lebih peduli pada satu-satunya tempat tinggalmu, yuk! Awali dengan beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja sih?

Berhenti Menggunakan Botol Sekali Pakai untuk Minum

Beli kopi atau minuman favorit lainnya, biasanya kamu akan diberikan wadah plastik sekali pakai yang bisa langsung dibuang begitu selesai. Kesannya memang praktis sih, tapi tahu nggak kalau kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada kondisi bumi?

Plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit terurai. Kebayang dong kalau menumpuk hingga jutaan tahun bisa menyebabkan pencemaran pada tanah dan air yang sangat penting buat kehidupan sehari-hari? So, mulai sekarang saatnya bawa tumbler yang bisa digunakan berkali-kali, yuk! Biarpun sedikit repot karena harus membawa wadah sendiri, tapi langkah ini bisa membantu menyelamatkan bumi dan membuatnya jadi tempat yang lebih baik.

Daur Ulang Sampah Organik dan Anorganik

Daur ulang sampah organik dan anorganik ternyata bisa jadi cara lain yang menunjukkan kecintaanmu terhadap bumi. Khusus sampah organik yang mudah terurai secara alami seperti sisa makanan atau tumbuh-tumbuhan, kamu bisa mengolahnya menjadi pupuk yang berperan untuk menyuburkan tanaman. Sementara itu, sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi produk kreatif, misalnya saja tas belanja yang terbuat dari plastik sisa produk yang sudah kamu gunakan.

Jika nggak sempat melakukannya sendiri, sekarang sudah banyak bermunculan startup atau layanan yang siap menerima sampah daur ulang kok. Hanya dengan mengumpulkan sampahmu untuk didaur ulang, kamu sudah menunjukkan kontribusi buat mencintai bumi.

Sambil Jogging, Selingi dengan Memungut Sampah di Jalan

Jogging di pagi hari memang efektif buat menjaga tubuh tetap fit. Nah, seiring berkembangnya isu peduli pada bumi, sekarang tren jogging semakin berkembang. Nggak hanya bisa menjaga tubuh tetap fit, kamu juga bisa menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan dengan memungut sampah di sepanjang jalur yang kamu lalui. Tren ini dikenal dengan istilah plogging dan sudah banyak dilakukan oleh kaum urban yang peduli dan cinta bumi. Saatnya bikin joggingmu lebih berfaedah juga, yuk!

Lebih Hemat Listrik dan Air di Rumah

Hemat listrik dengan mematikan alat elektronik yang sudah nggak digunakan menjadi salah satu tanda kamu sayang sama bumi juga, lho. For your information, energi listrik berasal dari bahan bakar fosil. Semakin banyak listrik yang kamu gunakan, semakin banyak juga emisi karbon yang akan dihasilkan. Boros menggunakan energi listrik artinya akan memperparah emisi karbon yang mengarah pada global warming.

Selain hemat listrik, penting juga memperhatikan penggunaan air mulai sekarang. Tergolong dalam sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui, kehadiran air bersih jelas sangat penting untuk kelangsungan kehidupan generasi berikutnya. Bisa kebayang nggak, gimana jadinya kalau air bersih sangat langka dan susah dicari?

Menggunakan Pakaian Daur Ulang

Isu tentang cinta bumi sampai sekarang ini masih jadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Kalau bukan dimulai dari diri kamu sendiri, siapa lagi? Nggak hanya dari kalangan aktivis kok, bahkan kini industri fashion juga sudah melahirkan tren sustainable fashion yang ramah lingkungan sekaligus bikin kamu tetap stylish dengan tetap cinta bumi.

Sederet brand ternama mendukung tren sustainable fashion ini, salah satunya adalah H&M. Paling baru, H&M meluncurkan produk swimwear ramah lingkungan untuk menyambut musim panas 2021, lho.

Bersiaplah menyambut musim panas yang luar biasa dengan koleksi sustainable swimwear terbaru dari H&M yang menunjang kekuatan, ketekunan, semangat, dan suka cita. Kerennya lagi, koleksi ini hadir dalam ukuran inklusif dan terbuat dari bahan daur ulang dengan tekstur berkerut halus. Pastinya bikin penampilan tetap fashionable sebelum meloncat dan bermain di dalam air.

Intip lebih jauh koleksi sustainable swimwear dari H&M dengan menonton videonya di sini dan beli langsung items favoritmu dengan klik di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading