Sukses

Lifestyle

Saat Kita Mampu Menghargai Diri Sendiri maka Kebahagiaan akan Datang dengan Sendirinya

Fimela.com, Jakarta Saat melakukan kesalahan, gagal, saat tak mampu memenuhi ekspektasi orang lain. Kita kerap menyalahkan diri sendiri, yang pada akhirnya membuat kita enggan merasa beryukur dengan diri sendiri. Ini membuat kita kerap membandingkan diri dengan orang lain dan tak metasa bahagia. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan agar bisa menghargai diri sendiri.

1. Lihat hal yang telah kamu capai

Dalam perjalanan hidupmu, jangan lupa untuk melihat sejauh mana kamu melangkah. Lihatlah hal-hal yang telah kamu capai dalam perjalanan mencapai kesuksesan, tujuan atau apa pun dalam hidupmu. Kebiasaan ini akan membuatmu jadi lebih menghargai diri sendiri, dan menyadari bahwa ternyata kamu mampu melakukan hal yang luar biasa dalam hidupmu.

2. Jangan terlalu keras mengkritik diri sendiri

Perkataan buruk yang ditujukan untuk diri seringnya datang bukan dari orang lain, melainkan dari kita sendiri. Hindari kebiasaan mengatakan hal-hal buruk tentang diri sendiri. Misalnya mengkritik kekurangan fisikmu, kelamahan bakatmu atau atas kesalahan yang kamu lakukan. Ini semua hanya akan menyusutkan semangatmu dan sebaiknya katakanlah hal-hal positif pada dirimu sendiri.

3. Jangan membandikan dirimu dengan orang lain

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Meskipun mereka melalukan hal yang lebih hebat, itu tidak ada hubungannya denganmu dan kemampuanmu. Pada akhirnya, ini tentang berfokus pada diri sendiri dan tahu apa yang dibutuhkan dalam hidupmu.

4. Memaafkankan dirimu sendiri

Pengampunan bisa membantumu menyingkirkan beban dan langsung membuatmu merasa lebih ringan. Ini juga membantu dalam mengembangkan pola pikir berkembang. Saat dirimu memaafkan, dirimu membersihkan blok energi negatif di tubuhmu, membantumu fokus pada tugas-tugas produktif. Cobalah setiap malam sebelum tidur untuk mengingat kembali kesalahan yang dilakukan dan maafkanlah dirimu atas hal itu.

5. Lebih banyak berbuat baik

Berbuat baik bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Inilah yang akhirnya membuat kita jadi lebih menghargai diri sendiri dan lebih banyak bersyukur. Membuat orang lain merasa baik dapat "menghangatkan" hati , bahkan tidak hanya itu, bersikap baik kepada orang lain juga dapat memengaruhi keseimbangan kimiawi sebenarnya dari hati.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang harus dilakukan agar kamu bisa menghargai dirimu sendiri dengan cara yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading