Studi Membuktikan, Ini Cara Terbaik Melupakan Mantan

Febi Anindya Kirana25 Jun 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 25 Jun 2021, 15:45 WIB
putus cinta

Fimela.com, Jakarta Putus cinta mungkin pernah dialami semua orang di dunia ini. Meski merupakan hal yang wajar terjadi, bukan berarti rasa sakitnya bisa diabaikan begitu saja. Rasa sakit patah hati bahkan diketahui bukan hanya buruk untuk kesehatan mental tapi juga menimbulkan rasa sakit fisik.

Itulah mengapa setiap orang harus tahu bagaimana caranya melupakan mantan dan menyembuhkan luka patah hatinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa ada tiga cara terbaik yang bisa dilakukan jika ingin melupakan mantan dan rasa patah hati.

Penelitian yang di terbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General itu membuktikan bahwa mengingat keburukan mantan, mengikhlaskan perpisahan dan mencari pelampiasan adalah cara paling baik untuk melupakan mantan.

Cara melupakan mantan

putus cinta
ilustrasi karakter perempuan/Photo by Khoa Võ from Pexels

Cara pertama adalah memikirkan keburukan mantan. Semakin kamu mengingat hal-hal buruk saja tentang dia, semakin cepat kamu melupakannya. Namun cara ini juga akan membuatmu membenci mantan secara berlebihan, yang mana tak baik untuk dirimu sendiri.

Cara kedua adalah mengingat kembali perasaan cinta dan berusaha mengikhlaskannya. Ini cara yang sulit karena kamu perlu berbesar hati dengan mengatakan pada diri sendiri "Tak masalah aku tak bermasa dia lagi." Ini bisa berhasil untuk beberapa orang cara, tapi untuk sebagain lainnya justru semakin menguatkan rasa rindu.

Cara ketiga adalah mencari pelampiasan atau kegiatan yang membuatmu lupa. Semakin kamu sibuk sendiri dan tak memikirkan putus cinta, maka akan semakin mudah melupakannya. Selama kamu tidak menahan perasaan atau berusaha baik-baik saja padahal ingin menangis, cara ini juga bagus dilakukan.

Setiap orang mungkin punya cara masing-masing yang berbeda untuk melupakan mantan. Cara manakah yang paling efektif untukmu, Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela