Sukses

Lifestyle

5 Cara Merawat Kulit Kaki Kering dan Gatal, Mudah Dicoba

Fimela.com, Jakarta Kulit kaki kering tentu mengganggu kenyamanan. Rasa gatal yang dirasakan kerao membuat kita terganggu dan mengganggu aktivitas. Untuk mengetahui cara mengatasinya juga harus dipahami terlebih dahulu apa penyebabnya. 

Kulit kaki gatal bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Atau, bisa juga disebabkan faktor alergi, penyakit tertentu seperti diabetes, jamur, dan bisa juga karena tidak menjaga kebersihan kaki. Di saat kulit kaki gatal, biasanya ada sejumlah tanda-tanda lainnya yang muncul, menandakan seseorang mengidap penyakit tertentu. 

Lalu, bagaimana cara merawat kulit kaki yang gatal secara aman di rumah? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Hindari zat penyebab iritan

Salah satu cara mengatasi kulit kaki kering adalah dengan menghindari zat penyebab iritan. Misalnya, apakah itu berasal dari penggunaan produk perawatan kulit, perhiasan, produk pembersih rumah tangga, atau mandi dengan air panas.

Terlebih jika kulit kaki kering disebabkan oleh reaksi alergi, sebaiknya hindari kontak dengan bahan yang dapat memicu alergi tersebut sebagai cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki. Mengingat kaki dapat bersentuhan dengan berbagai benda, maka Anda harus lebih hati-hati dan mencermati penyebab reaksi iritasi kulit tersebut. Inilah yang menjadi cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki.

2. Oleskan pelembap

Mengoleskan krim pelembap juga menjadi cara mengatasi kulit kaki kering dan mengelupas. Anda bisa mencari pelembap yang mengandung bahan-bahan, seperti petroleum, asam hialuronat, asam glikolat, gliserin, antioksidan, hingga asam salisilat untuk hasil yang maksimal.

Kemudian, oleskan krim pelembap setelah mandi secara rutin, tentunya pada saat kulit sudah dalam kondisi kering. Sebuah hasil studi mengemukakan bahwa penggunaan pelembap secara rutin sangat penting sebagai cara mengatasi kulit kaki kering dan mengelupas.

3. Gunakan obat-obatan

Jika kulit kaki mengelupas yang Anda alami disebabkan oleh berbagai penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, maupun sindrom Sjorgen, maka ada berbagai jenis obat-obatan yang dapat dicoba, seperti:

KortikosteroidKrim steroidRetinoidAntihistamin oral (untuk mengatasi gatal-gatal)Namun ingat, jangan asal mengonsumsi obat-obatan di atas. 

Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan obat-obatan sebagai cara mengatasi kulit kering pada kaki.  

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading