Sukses

Lifestyle

Bagaimanapun Kondisimu, Bersyukur adalah Cara Terbaik untuk Menikmati Hidup

Fimela.com, Jakarta Pandai bersyukur tentang apa pun dalam hidup adalah salah satu kunci kebahagiaan. Walau terlihat sederhana, nyatanya bersyukur tak mudah untuk dilakukan satiap orang. Sering mengeluh, sering membandingkan diri dengan orang lain, selalu berpikir buruk bisa menjadi penyebab kurangnya rasa beryukur dalam diri kita. Jadi, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan rasa syukur dalam diri kita.

1. Terapkan cara berpikir yang positif

Agar bisa selalu bersyukur, cara pertama adalah ubah mindset (pola pikir) dengan cara yang positif. Misalnya, jika kamu mengalami musibah, kerugian atau masalah maka lihatlah hal-hal positif di balik semua itu, dan jangan fokus pada kerugian yang kamu terima, karena selalu saja ada hal positif dari sebuah masalah. Dengan begitu, kamu akan menjadi orang yang lebih pandai bersyukur.

2. Tulis hal-hal yang kamu syukuri setiap hari

Adakalanya tidak bersyukur itu karena lupa. Agar tidak lupa lagi, kamu bisa membuat jusnal rasa syukur, baik di buku saku, telepon seluler, atau laptop. Terapkan ini setiap kali kamu hendak tidur, sebelum tidur tuliskan hal-hal yang kamu syukur setiap hari, misalnya makanan yang enak, punya teman baik, jalan tidak macet, diberi kesehatan dan sebagainya. Tulisalah 5-10 hal sehari.

3. Jangan terlalu sering berhayal

Kita sering berandai-anda sesuatu dalam hidup kita, seandanya saja begini atau seandainya saja begitu. Ini hanyalah cara yang akan semakin menjauhkan kita dari realitas. Dan cobalah untuk fokus pada apa yang ingin dikerjakan dan apa yang kita punya. Karena kita tidak punya kendali untuk merubah ketetapan-ketetapan yang sudah ada dalam hidup kita.

4. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain

Kita sering merasa bahwa hidup kita tak selalu lebih beruntung dari kebanyakan orang, ini karena kita terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. Padahal semua orang tidak pernah sama dalam menjalani kehidupannya, bisa saja orang yang terlihat bahagia karena kita tidak tahu penderitaan yang ia rasakan di dalam dirinya dna bisa jadi kamu lebih bahagia dari orang-orang tersebut. Jadi, kita harus pandai menyukuri apa yang kita punya sekecil apa pun dalam hidup kita.

5. Berbuat baik pada orang lain

Ini adalah salah satu cara untuk membuat suasana hati kita lebih bahagia, bahwa ada di luar sana yang juga butuh pertolongan yang mungkin tak memiliki kekuatan yang sama denga kita. Misalnya dengan membantu tetangga memindahkan barang, menjadi pendengar yang baik atau aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan rumah. Dengan begitu, kita akan tahu bahwa kita mungkin lebih beruntung dari orang lain di sekitar kita yang akan membuat kita lebih bersyukur tentang hidup.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita menjadi orang yang pandai bersyukur. Jadi, manakah yang sudah kamu lakukan, Sahabat Fimela?

 

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading