Penelitian Membuktikan, Berkebun Membuat Hidupmu Bahagia

Febi Anindya Kirana30 Jun 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 30 Jun 2021, 17:39 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Mungkin tidak semua orang suka bercocok tanam atau berkebun, namun jika kamu salah satu orang yang menikmatinya, ada manfaat besar yang bisa kamu ambil dari hobi berkebun di rumah yaitu merasa bahagia.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Priceton Environmental Institute menemukan bahwa berkebun mampu membuat seseorang merasa bahagia dan tenang secara mental. Efek positif ini diketahui mirip seperti ketika kamu jalan-jalan santai, bersepeda atau makan di luar.

Berkebun membuat perempuan lebih bahagia

zodiak pecinta tanaman
ilustrasi perempuan dan tanaman/copyright by Odua Images (Shutterstock)

Survei yang dilakukan terhadap 370 orang ini meminta partisipan untuk terlibat dalam 15 kegiatan yang ditentukan oleh peneliti dalam aplikasi khusus bernama Daynamica yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan emosional mereka. Hasilnya, para perempuan mengaku merasa tenang, puas dan bahagia setelah berkebun atau berkutat dengan tanaman di rumah. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Landscape and Urban Planning ini menyebutkan bahwa berkebun di rumah adalah satu-satunya kegiatan yang membuat perempuan merasakan kesejahteraan emosional yang lebih baik dibandingkan kegiatan lain yang telah ditentukan.

Sayangnya manfaat kesehatan ini tidak memiliki dampak berarti bagi pria karena peneliti mengungkapkan bahwa berkebun lebih efektif memberikan kebahagiaan bagi perempuan. Bahkan berkebun diketahui mampu menurunkan risiko demensia sebesar 36% pada perempuan.

Jadi, jika ingin merasa tidak bosan dan menjadi lebih bahagia selama berada di rumah, mulailah berkebun Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓