Sukses

Lifestyle

6 Cara Sederhana Melepaskan Masa Lalu dan Melanjutkan Hidup Tanpa Penyesalan

Fimela.com, Jakarta Pengalaman hidup mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Beberapa orang merasa mudah untuk move on setelah mengalami pengalaman yang menantang, sementara yang lain menemukan bahwa pengalaman ini memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan mental mereka.

Melepaskan masa lalu dapat menjadi tantangan, tetapi bukan tidak mungkin. Setiap peristiwa penting di masa lalu, terutama jika itu traumatis menyebabkan luka psikologis yang parah, dan dapat memengaruhi pikiran yang dirimu gunakan untuk melihat kehidupan. Penyesalan, rasa bersalah, malu, dendam, marah, sakit hati adalah semua emosi negatif yang berat, yang jika tidak dilepaskan, menumpuk menjadi apa yang kita kenal sebagai beban emosional. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu melepaskan masa lalu.

Tahan Emosimu

Kenangan akan peristiwa masa lalu dapat memunculkan emosi yang kuat. Membiarkan diri merasakan perasaan itu tanpa syarat, tanpa berusaha melawan atau memperbaikinya, merupakan langkah penting untuk memproses apa yang terjadi. Ini bisa sulit, jadi mungkin membantu untuk mengungkapkan perasaan ini di tempat yang aman, seperti di jurnal, dengan teman tepercaya, atau dengan terapis.

Mengambil Tanggung Jawab

Bertanggung jawab penuh atas perasaan bisa sangat memberdayakan. Ini tidak berarti menyalahkan diri sendiri, tetapi hanya mengakui apa yang terjadi dan mengambil alih tindakan masa lalu.

Berlatih Perhatian

Perhatian penuh adalah hidup di saat ini, tidak berdiam di masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan. Manjakan diri dalam latihan meditasi mindfulness selama 10 menit sehari dapat menghentikan otak dari overdrive pemikiran negatif dan membawa pikiranmu kembali ke keamanan saat ini.

Mengatur Pernapasa

Dirimu membawa di dalam dirimu, alat untuk membuka keadaan tenang, napasmu. Temukan tempat yang tenang dan tutup matamu dengan menarik napas dalam-dalam beberapa kali. Fokus pada menghirup dan menghembuskan napas. Ketika pikiran masa lalu muncul, biarkan mereka sejenak sebelum mengembalikan fokus ke pernapasan. Jadikan ini praktik sehari-hari bersama dengan meditasi.

Latih Penerimaan Diri

Self-compassion melibatkan memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan, perhatian, dan pengampunan yang sama seperti yang dirimu berikan secara cuma-cuma kepada orang lain. Penerimaan hanyalah menerima tanpa menghakimi. Waspadalah terhadap self-talk negatif dirimu sendiri.

Terbuka untuk Memaafkan

Topik pengampunan kontroversial di antara orang-orang yang pernah mengalami pengkhianatan, ketidakadilan, atau pelecehan. Pengampunan tidak berarti memaafkan tindakan berbahaya orang lain atau menerima permintaan maaf mereka. Sebaliknya, pengampunan adalah sebuah pilihan. Itu berarti memotong tali pusat dengan peristiwa yang menyakitkan itu dan melanjutkan. Ini mungkin melibatkan pemrosesan rasa sakit emosional, memahami apa yang menyebabkannya, dan menerima pelajaran yang dicari pikiranmu dari peristiwa-peristiwa itu.

Penting untuk diingat bahwa dirimu bukan masa lalumu, dirimu bukan kesalahanmu dan dirimu bukan apa yang dirimu lalui. Bebaskan dirimu dari belenggu menahan semuanya. Bicaralah tentang apa yang mencabik-cabikmu di dalam.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading