Studi Membuktikan, Anak Remaja Dekat dengan Ibunya Punya Masa Depan Cinta yang Baik

Febi Anindya Kirana01 Jul 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 01 Jul 2021, 15:15 WIB
ibu dan anak remaja

Fimela.com, Jakarta Tidak semua anak dekat dengan ibunya. Ada beberapa anak yang justru tak merasa nyaman bicara dengan ibunya karena berbagai alasan. Itulah mengapa melihat kedekatan anatara ibu dan anak selalu menjadi hal menyenangkan untuk dilihat.

Bukan hanya memberikan kedamaian hati saat dilihat, ternyata memiliki kedekatan yang kuat dengan anak mampu memberikan pengaruh sangat positif bagi kehidupan cinta anak saat dewasa kelak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University at Buffalo menunjukkan bahwa kedekatan antara ibu terhadap anak remajanya dapat membantu mencegah anak mengalami kekerasan dalam hubungan cinta di kemudian hari.

Pentingnya kedekatan ibu dan anak yang beranjak remaja

ibu dan anak perempuan
ilustrasi ibu dan anak remaja/copyright by VGstockstudio (Shutterstock)

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Interpersonal Violence ini menyebutkan bahwa kehangatan dan penerimaan ibu terhadap anak-anaknya yang beranjak remaja mampu memberikan pondasi kuat tentang bagaimana mendeskripsikan hubungan cinta.

Dikatakan Jennifer Livingston, PhD. selaku peneliti utama, bahwa anak-anak remaja secara alami akan membutuhkan ibu mereka sebagai support system untuk membangun rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri.

Jika anak melihat pengasuh utama mereka sebagai seseorang yang kasar dan tidak konsisten, anak-anak akan belajar melihat diri mereka sendiri sebagai orang yang tidak dapat dicintai dan orang lain sebagai musuh sehingg tidak dapat dipercaya. Tetapi perilaku pengasuhan yang positif akan mampu memberikan contoh yang baik dalam hubungan.

Peneliti mensurvei lebih dari 140 remaja yang orang tuanya menikah atau tinggal bersama pada saat mereka lahir, dan menemukan bahwa pola asuh yang positif dari ibu memberikan dampak besar terhadap pembentukan perspektif anak terhadap hubungan cinta yang baik.

Abusive relationship sendiri merupakan sebuah hubungan yang tak sehat dan membahayakan siapa pun yang sedang menjalaninya. Jadi sudah semestinya anak-anak diajarkan cara menghargai diri sendiri agar bisa terhindar saat sudah dewasa ya, Moms.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela