5 Cara Agar Lebih Produktif dan Menghindari Rasa Malas saat WFH

Gayuh Tri Pinjungwati06 Jul 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 06 Jul 2021, 11:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita mungkin menujukkan penundaan melakukan suatu pekerjaan. Banyak dari mereka mengaku menunda-nunda pekerjaan setiap hari.  Jadi bagaimana kita menghadapi penundaan yang bisa membuat kita merasa kewalahan? Untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat menghentikan penundaan dan membantumu lebih produktif daripada sebelumnya.

Motivasi

Jadi, jika Sahabat Fimela tidak termotivasi dan pernah merasa ingin menunda-nunda, tanyakan pada diri sendiri, apakah mungkin dirimu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna? Dirimu perlu untuk memaksa diri untuk bangun dan pergi ke meja bekerja setidaknya selama 5 menit pertama. Ini akan menipu otakmu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan karenanya memberimu motivasi untuk keluar dari keterpurukan dan melanjutkan harimu.

Buat Daftar Tugas

Apakah dirimu sering menunda pekerjaan akhir-akhir ini dan masih tidak merasakan dorongan untuk melakukan pekerjaanmu? Ini mungkin karena dirimu merasa pekerjaanmu terlalu berat untuk dilakukan sekaligus. Dengan memecahnya menjadi tugas-tugas kecil dalam daftar yang harus dilakukan dan melakukannya satu per satu, dapat membantumu menyelesaikan tugas secara perlahan dan damai tanpa menjadi beban.

Aturan Dua Menit

wfh
Ilustrasi/copyrightshutterstock/WHYFRAME

Dibutuhkan kurang dari dua menit, maka lakukan sekarang. Tugas-tugas kecil seperti mengisi botol, menyiram tanaman dan menata buku-buku, yang sekaligus terasa seperti sakit kepala, harus dilakukan saat itu juga tanpa banyak berpikir, sehingga otak tidak keluar dari mode santainya dan pekerjaan kecil dapat dilakukan tanpa kehilangan energi.

Aktifkan Pikiranmu

Apakah dirimu merasa ingin tidur di tempat tidur sepanjang hari sambil berpelukan dengan hewan peliharaanmu karena dirimu tidak punya energi untuk melanjutkan hari? Ini mungkin karena pikiran yang kabur. Untuk membuat dirimu lebih aktif, dirimu dapat melakukan sesuatu yang merangsang seperti mencoba hobi lama yang tidak pernah dirimu miliki, atau membaca satu atau dua bab dari buku favorit atau bahkan dapat berjalan-jalan dengan hewan peliharaanmu. Ini membantu otak untuk rileks dan melepaskan serotonin, yang memberimu energi untuk melakukan tugas-tugas besar hari itu.

Berikan Self Reward

Di akhir setiap hari yang menegangkan, di mana dirimu telah mengatasi penundaan dan menyelesaikan sesuatu, hadiahi dirimu dengan sesuatu yang dirimu inginkan. Baik itu sepotong kue atau kopi dari kedai kopi favoritmu. Ini akan mendorong motivasimu untuk hari berikutnya dan dirimu akan melihat betapa senangnya menyelesaikan sesuatu.

Akhirnya, penundaan bukanlah sesuatu yang bisa diselesaikan dalam sehari apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Langkah pertama untuk mengatasi penundaan adalah menyadari bahwa dirimu perlu melakukannya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela